Rumah yang Didesain oleh MUU Store Design Studio (Rumah123/Dezeen)

Rumah ini berdiri di atas lahan hanya 60 meter. Sementara luas keseluruhan rumah dua lantai ini mencapai 100 meter persegi.

Luas tanah rumah ini mengingatkan pada luas rumah pada kompleks perumahan di Indonesia kan, atau mungkin rumah kecil di kota besar seperti Jakarta.

Baca juga: Gedung DPR Miring? Bangunan Ini Malah Dirancang Miring Beneran

Rumah kecil ini berada di Teluk Sagami, Honshu, Jepang. Rumah ini memiliki nama Gap House lantaran “terjepit” di antara dua bangunan tua.

Biro arsitek asal Jepang, MUU Store Design Studio bisa merancang rumah memiliki ruangan yang efisien meski luas terbatas dan diapit oleh sejumlah bangunan lain.

Baca juga: Wah, Ini Nih Tempat Bermain yang Asyik untuk Anak-Anak

Firma ini mendesain rumah menjadi dua lantai, namun terlihat seperti empat lantai lantaran ada pembagian ketinggian pada tiap lantai, seperti ada dua mezzanine.

Hal ini dilakukan agar rumah terlihat lega tanpa perlu membuat partisi. MUU Store Design Studio mendesain ada pembagian alami antar ruangan berbeda.

Baca juga: Wow, Rumah Ini Dirancang Anti Banjir dan Badai Lho

Lantai satu terdiri dari ruang tidur utama dan ruang duduk keluarga. Lantai dua terdiri dari ruang tidur, dapur, dan ruang makan.

Biro arsitek menempatkan ruang penyimpanan di lantai bawah ruang duduk. Selain itu, balkon juga dihadirkan untuk menciptakan ruang tambahan di luar rumah.

Baca juga: Rumah Keren Arsitek Spesialis Stadion, Yuk Main ke Sini

Kalau melihat fasad, rumah ini terkesan kaku dan berat. Namun, saat memasuki rumah dan melihat interior rumah maka kesan berbeda muncul.

Kombinasi antara cat dinding berwarna putih, jendela kaca berukuran besar, lantai kayu, serta ketinggian lantai yang berbeda membuat rumah ini terkesan lapang, terang, dan nyaman. MUU Store Design Studio juga menempatkan furnitur yang modern dan simpel.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

“Rumah ini didesain dengan mengambil keuntungan lokasi dan ruang tiga dimensi,” ujar principal architect MUU Store Design Studio, Ippei Kimoto seperti dilansir oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

“Penghuni akan merasa nyaman dan menghirup udara segar, berkat jendela yang berada di sisi Utara dan Selatan. Udara yang hangat bisa bisa dialirkan ke bagian atas rumah,” lanjut Kimoto.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Nah, buat kamu yang ingin membangun rumah di atas lahan yang terbatas (untuk tidak mengatakan lahan sempit lho), kamu bisa mengambil contoh desain rumah ini lho. Rumah bisa terasa lapang dan nyaman.

Bagikan: 8222 kali