Rumah kecil di pusat kota, atau rumah besar di pinggir kota. Jika punya bujet yang sama, kira-kira kamu akan memilih yang mana?

perempuan single beli rumah kecil di pusat kota - rumah123.com Jika kamu masih single dan memiliki jadwal padat, rumah kecil lebih cocok untukmu.

Lokasi adalah salah satu faktor terpenting yang wajib dipertimbangkan ketika kamu mau membeli rumah. Bagaimana tidak? Faktor lokasi akan sangat memengaruhi luas, ukuran, serta harga beli dari rumah tersebut.

Misalnya seperti ini. Rumah dengan luas lahan sebesar 100 m2 di daerah pinggir kota, tentu lebih murah ketimbang rumah dengan luas yang sama di daerah pusat kota. Wajar saja, namanya juga pusat kota. Tempat di mana bisnis berlangsung. Infrastruktur di sekitarnya pun otomatis akan diprioritaskan oleh pemerintah. 

Lalu, bagaimana jika kamu punya dana yang sama dan dihadapi dengan kedua pilihan tersebut? Mana yang harus kamu pilih, membeli rumah kecil di pusat kota atau justru rumah besar di pinggir kota? 

Pilih rumah kecil di pusat kota jika kamu berada di kondisi berikut ini: 

- Tinggal sendiri dan belum punya rencana untuk berkeluarga

Apabila kamu masih single dan belum punya rencana untuk menikah dalam waktu dekat, maka tak masalah untuk punya hunian yang terbilang kecil. Toh, hanya kamu yang akan menempati hunian tersebut. Hunian berukuran kecil pun akan memudahkanmu dalam mengatur dan membersihkan rumah. 

- Mau menghemat uang transportasi

Ketika kamu punya rumah di pusat kota, artinya kamu tak perlu mengeluarkan ongkos besar untuk menuju tempatmu beraktivitas, misalnya seperti pergi ke kantor. Jatah uang transportasi pun bisa digunakan untuk menabung atau berinvestasi. 

- Kamu punya jadwal yang padat

Jarak antara rumah dengan kantor atau sekolah yang bisa ditempuh dalam waktu beberapa menit saja tentu sangat menghemat waktu. Hal ini menjadi hal yang sangat berharga untuk kamu yang punya jadwal padat. Gak ada lagi deh cara dimarahi bos karena terlambat.

- Kamu membutuhkan aktivitas hiburan

Punya rumah dan kantor di pusat kota pastinya memudahkan kamu kalau mau pergi ke mana-mana. Apalagi jika kamu punya banyak aktivitas yang dihabiskan di mall di pusat kota. Misalnya seperti pergi ke gym, atau meeting di kafe dan sebagainya. 

Pilih rumah besar di pinggir kota jika kamu berada di kondisi berikut ini:

- Kamu sudah berkeluarga atau berencana untuk membangun keluarga

Ketika kamu sudah atau berencana untuk berkeluarga, apalagi memiliki anak, tentu kamu menginginkan hunian yang nyaman untuk pasangan dan anakmu. Tinggal di hunian kecil bisa membuat mereka kurang nyaman. Belum lagi jika kamu punya lebih dari satu anak. Rumah yang luas tentu menjadi prioritasmu saat ini.

- Kamu menginginkan suasana rumah yang lebih tenang dan nyaman

Suasana pusat kota sangatlah padat dan bising. Bukan hanya di sekitar area tempat tinggal, tapi juga di jalan. Kalau kamu mau suasana rumah yang lebih tenang, nyaman, dan belum begitu padat penduduknya, maka memilih hunian di pinggir kota adalah jawaban terbaik.

- Kamu mau memperoleh lingkungan yang sejuk dan asri

Pembangunan infrastruktur oleh negara dan swasta kerap terfokus di pusat kota saja. Gak heran, udara di pusat kota kerap tak sehat. Kalau kamu mau memperoleh lingkungan yang masih sejuk dan asri, sudah tahu kan harus memilih rumah yang mana?

- Akses transportasi mudah atau punya kendaraan pribadi

Kamu yang punya rumah di daerah pinggiran, harus memastikan bahwa akses kendaraan umum menuju tempatmu beraktivitas akan mudah. Atau, pastikan kamu punya kendaraan pribadi  Tentu kamu gak mau kan harus menyewa rumah kos atau kontrakan lagi karena akses transportasi yang susah?

Beli rumah kecil di pusat kota atau rumah besar di pinggir kota? Sesuaikan dengan kondisi masing-masing!

Well, keduanya tentu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semua tergantung pada kondisi kamu sebagai calon pembeli. Buat kamu yang masih bingung, tak perlu khawatir.  Semoga artikel Rumah123.com di atas bisa membantumu menyimpulkan keputusan apa yang harus diambil.

Bagikan: 1361 kali