Gambaran hunian tapak Familia Urban di Bekasi. Foto: Rumah123/Dok. Timah Properti
   

Rumah tipe kecil sekarang ini emang lebih masuk akal, makanya banyak yang cari dan pengembang pun banyak yang membangunnya, termasuk PT Timah Karya Persada Properti (Timah Properti). Pengembang ini membangun tipe kecil yakni Tipe 30/60 dengan harga di bawah Rp400 juta dan Tipe 35/70 dengan harga Rp400 jutaan.

Di kawasan terpadu seluas 176 hektare, Timah Properti mengembangkan proyek hunian Familia Urban. Pada tahap awal, akan mengembangkan lahan 15 hektare yang terdiri atas 3 klaster hunian, yakni Gayatri, Ganesha, dan Dharmawangsa, dengan total 677 unit. Sejak Februari 2017, ketiga klaster tersebut terjual sekitar 300-an unit.

Tipe rumah kecil pada tahap pertama di ketiga klaster tersebut sudah sold out. Harga per unitnya di ketiga klaster tersebut antara Rp500 jutaan hingga Rp900 jutaan untuk Tipe 90/120. Meski tahap pertama belum terjual semuanya (di luar tipe kecil), Timah Properti bersiap meluncurkan 2 klaster baru sekitar 300 unit yakni Anjani I dan Anjani II.

Baca juga: Lebih Baik Rumah Kecil, Asal…

"Kami memutuskan meluncurkan tipe kecil untuk menyiasati permintaan pasar. Banyak yang datang ke kami ingin mencari rumah tetapi kemampuan beli mereka terbatas," kata Manajer Realti Familia Urban, Teguh Suhanta, seperti dikutip Kontan.co.id, Minggu (30-9-2018).

Selain meluncurkan klaster baru dengan tipe rumah kecil, Timah Karya Persada Properti juga akan meluncurkan ruko tahap pertama sebanyak 9 unit.

Timah Properti akan mengembangkan tahapan pertama kawasan hunian ini dalam waktu sekitar tiga sampai empat tahun. Hunian yang sudah diserah-terimakan mencapai 100 unit.

Baca juga: Rumah Tipe Kecil Paling Diminati Pasar

Sekitar 28% lahan kawasan Familia Urban akan dibangun untuk kawasan residensial, central business district (CBD) 11%, ruko 5%, fasum fasos 3%, greenery 11%, pond 9%, main boulevard 11% dan jalan kawasan 22%. Rumah yang akan berdiri totalnya 40.000 unit.

Selain mengembangkan Familia Urban, Timah Properti saat ini juga mengembangkan kawasan hunian Payon Ponca di Cireundeu, dekat lapangan terbang Pondok Cabe. Dengan cadangan land bank yang tersebar di beberapa kota, Timah Properti tentunya akan terus mengembangkan hunian.

Bagikan: 1661 kali