Rumah Tua di San Diego, AS (Rumah123/Curbed)

Sering main ke rumah kakek nenek? Apa yang muncul dalam benak kamu saat bertandang ke sana? Rumah yang tua, jadul, seram dan angker?

Biasanya sih kalau rumah tua memang memunculkan kesan ini. Baik yang berdesain arsitektur Barat maupun tradisional.

Baca juga: Investasi Properti di Kota Kecil? Potensi Pertumbuhannya Besar Lho

Wah, rumah tua ya? Begitu yang terlontar kalau melihat rumah tua. Setelah itu, mungkin kamu berpikir jangan-jangan ada sosok Ibu seperti dalam film Pengabdi Setan. Hiii, serem banget.

Sebenarnya, kesan buruk rumah tua tidak selama seperti itu lho. Kalau di negara Barat terutama Amerika Serikat, malah rumah tua masih banyak yang memiliki penampilan cantik dan terawat.

Baca juga: Bisa Beli Rumah Tuh Simbol Kesuksesan Lho, Yuk Investasi Properti

Rumah tua seperti ini malah punya sejarah panjang. Entah itu didesain oleh arsitek atau desain interior terkenal, pernah ditempati selebriti ternama, hingga jadi lokasi syuting.

Jangan lupa kalau rumah jadul di AS malah memiliki harga mahal. Jadi benar-benar investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Baca juga: Investasi Lahan Parkir Lebih Tinggi dari Hunian, Mau Alih Profesi Jadi Tukang Parkir?

Sebuah rumah di San Diego, California, Amerika Serikat masih terlihat keren. Rumah ini dibangun pada era 1930-an! Wow, umurnya hampir 87 tahun!

Arsitek Wayne McAllister merancang rumah ini. Rumah seluas 404 meter persegi ini memiliki desain Spanyol eklektik. Ada percampuran gaya rumah ala Spanyol, Hacienda dengan desain lainnya. McAllister dikenal sebagai sosok yang mengembangkan gaya arsitektur Goorgie.

Baca juga: Mau Tahu Investasi Raja Properti Ini? Yuk, Cari Tahu

Rumah ini memiliki lima kamar tidur, empat kamar mandi, dua kamar mandi yang harus berbagi, dapur, ruang makan, ruang sarapan, beranda, kolam renang, taman, kamar tidur tamu, kebun buah, hingga garasi yang bisa membuat dua mobil.

Rumah jadul yang berusia puluhan tahun ini malah masih terawat dengan baik. Lantai kayunya masih kinclong. Begitu juga dengan dindingnya.

Baca juga: Rumah Berdesain Aneh Ini Berharga Mahal Lho, Masih Menunda Investasi Properti?

Nah, mau tahu harga rumah ini? Rumah dijual dengan harga 2,65 juta dollar AS (Rp35 miliar)! Wah, nggak kebayang kan kalau rumah berusia 87 tahun bisa dihargai mahal?

Rumah Tua di San Diego, AS (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 654 kali