OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Rumah Impian vs Dana Pas-Pasan

13 Oktober 2023 · 1 min read Author: Inge Mangkoe

ilustrasi bangun rumah

Ingin membangun rumah tapi dana pas-pasan? Kondisi ini memang cukup bikin galau. Pilihannya ada dua, terus memaksakan diri atau menundanya.

Jika memilih yang pertama, berarti kamu harus benar-benar cermat menyesuaikan rencana pembangunan rumah dengan anggaran yang ada. Terpenting, rencanakan dulu konsep desain rumah yang kamu inginkan.

Jika konsep sudah ada, kamu tinggal memilih materialnya. Karena dana yang pas-pasan, kamu tak bisa memilih material yang harganya selangit. Dalam hal ini, kamu harus rela memakai bahan bangunan yang lebih murah.

Baca juga: Dekorasi Rumah Tanpa Menguras Kantong

Meski begitu, bukan berarti bahan bangunan tersebut berkualitas buruk. Banyak perusahaan material yang menawarkan beragam merek. Kadang, harga yang tinggi hanya unggul karena branded kok.

Kalau kamu mau bersabar dan teliti, banyak juga merek-merek baru dengan kualitas bagus. Namanya merek baru, harganya juga sudah pasti masih promosi.

Baca juga: Pilih Jasa Tukang Bangunan Harian atau Borongan?

Pilihan lain jika kamu tetap kekeh bangun rumah dengan anggaran terbatas adalah memperkecil ukurannya. Kalau kamu adalah pasangan muda yang baru menikah, hal ini bukan masalah. Kamu bisa menggunakan konsep rumah tumbuh.

Dengan konsep rumah tumbuh, kamu masih berpeluang untuk membesarkannya lagi ketika anggota keluarga sudah bertambah. Selama menunggu hal itu, kamu bisa menabung lagi, bukan?


Tag: , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA