Ilustrasi (Rumah123/Realestate.com,au)

Sejak 1978 hingga 2015, rata-rata ukuran rumah sebuah keluarga selalu naik tiap tahun hingga mencapai puncaknya dengan ukuran 229 meter persegi. Namun, pada 2016, ukuran luasnya mulai menciut.

Angka ini merupakan hasil riset Biro Sensus Amerika Serikat. Hmm, sepertinya impian Amerika untuk mempunyai rumah besar sudah mulai memudar.

Baca juga: Rumah Sempit yang Cocok Buat Bangsa Pelaut

Sebelumnya, orang Amerika Serikat memiliki mimpi rumah besar dengan tiang besar, kolam renang, dan juga ruang menonton. Meskipun dalam realitanya, rumah besar benar-benar percuma.

Menurut riset yang dibuat oleh University of California Los Angeles (UCLA) bahwa orang AS menghabiskan waktu paling banyak di ruang makan, dapur, serta ruang keluarga. Mereka memilih menghindari ruang makan dan beranda.

Baca juga: Wah, Pangeran Harry dan Meghan Markle Tinggal di Rumah Sempit

Belakangan, generasi milenial AS memang lebih menyukai rumah atau apartemen kecil. Meski sempit, namun hunian ini memang cocok bagi generasi yang selalu mobile dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Apalagi harga hunian juga semakin mahal sehingga banyak kaum muda yang belum sanggup untuk membeli rumah atau apartemen yang lebih luas dan juga berharga mahal.

Baca juga: Kayak Gimana Punya Rumah Sempit di Tengah Hutan?

Hmm, masuk akal juga sih ya. Orang tidak lagi membutuhkan lagi rumah yang besar apalagi kalau masih muda. Aktivitasnya lebih banyak dilakukan di luar rumah.

Saat mulai menikah dan mempunyai anak, biasanya orang di AS melakukan up grade properti. Namun, setelah tua dan anak-anak mulai keluar rumah, mereka melakukan down size properti. Mereka kembali menempati hunian yang lebih kecil.

Baca juga: Rumah Sempit Seluas 52 Meter Persegi Seharga Rp140 Juta

Kalau orang Indonesia gimana ya? Apa masih bermimpi yang sama? Kamu masih memilih punya rumah yang besar?

Mendingan punya rumah kecil yang nyaman lho. Kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk membersihkan atau mempekerjakan asisten rumah tangga. Banyak hal yang bisa kamu hemat kalau punya hunian kecil.

Bagikan: 504 kali