Biro Arsitektur Jepang, Tomohiro Hata Architects & Associates Merancang Hunian dengan Taman yang Menyatu dengan Bagian dalam Rumah (Foto: Rumah123/Designboom/Toshiyuki Yano)

Studio arsitek Tomohiro Hata Architects & Associates merancang hunian ini yang bisa memadukan interior dan eksterior dengan keseimbangan yang sempurna. Arsitek mengaburkan batasan antara halaman dengan bagian dalam rumah.

Hunian ini berbentuk kotak dan terlihat biasa dari luar. Namun, bagian tengahnya berupa taman dan menyatukan seluruh rumah.

Rumah ini berada di prefektur (provinsi) Hyogo, Pulau Honshu, Jepang. Hyogo merupakan kawasan dengan penduduk mencapai 5,5 juta.

Baca juga: Keindahan Taman Jepang di Tengah Hunian Modern Meksiko

Hunian ini merupakan kediaman pribadi dan berada di kawasan padat penduduk. Rumah dua lantai ini berdiri di atas lahan seluas 144,5 meter persegi.

Bentuk struktur rumah ini mengikuti Villa Katsura Rikyu, bangunan bersejarah di Kyoto. Bangunan ini memiliki keselarasan dengan lanskap alam sekitar.

Bagian tengah rumah terbuka dengan kehadiran taman. Sementara rumah berada di sekitarnya. Rumah ini seperti terbagi dalam beberapa bagian dan dihubungkan dengan tangga.

Baca juga: Rumah Kotak dengan Sederetan Taman dan Teras

Sejumlah bukaan dan juga jendela berukuran besar dihadirkan agar penghuni bisa menikmati taman pada bagian tengah. Arsitek juga membuat bagian seperti atap pada beberapa sudut rumah.

Eksterior rumah bercat putih, begitu juga sebagian interior rumah. Sebagian interior rumah mengaplikaskan material kayu sebagai dinding, lantai, dan juga plafon.

Desain ini membuat penghuni bisa berinteraksi dengan halaman. Sebaliknya, penghuni tidak memiliki banyak akses interaksi dengan luar rumah karena bentuk rumah yang tertutup.

Baca juga: Rumah dengan Tujuh Taman

Hunian Dua Lantai Ini Berfokus pada Taman. Sejumlah Ruangan Terhubung dengan Tangga (Foto: Rumah123/Designboom/Toshiyuki Yano)
Bagikan: 495 kali