Biro Arsitek Asal Vietnam, Studio Happ Mendesain Rumah yang Bisa Mengatasi Cuaca Panas di Kawasan Tropis (Foto: Rumah123/Designboom/Hiroyuki Oki)

Kalau kamu memiliki rumah di kawasan tropis, tentunya hal biasa merasakan hawa panas. Namun, kamu bisa mengatasinya tanpa pendingin udara, cukup dengan memiliki taman dan ventilasi udara.

Desingboom melansir bahwa biro arsitek Vietnam, Studio Happ yang mendesain rumah ini. Studio Happ memiliki klien yang ingin memiliki rumah dekat tepi pantai. Rumah berukuran 100 meter persegi ini berada di provinsi Binh Thuan, Vietnam.

Arsitek mendesain rumah ini bisa beradaptasi dengan lokasi tepi pantai dan iklim tropis. Desain rumah bisa menjadi cara untuk mengatasi panas. Arsitek tidak ingin membuat hunian nyaman menggunakan piranti canggih atau teknologi yang membutuhkan perawatan.

Baca juga: Keindahan Taman Jepang di Tengah Hunian Modern Meksiko

Studio Happ membuat taman dan ventilasi ruangan antara ruang duduk. Rumah ini terdiri dari tiga bagian dengan taman di tengah rumah sebagai bagian tengah.

Klien juga ingin memiliki rumah yang terhubung alam serta memiliki bagian luar ruangan yang bisa dinikmati bersama teman dan keluarga.

Arsitek menyiasatinya dengan cara membuat pelindung dan taman untuk menciptakan ruangan yang bisa beradaptasi dengan iklim tropis. Pelindung ini terbuat dari kawat baja yang diletakkan pada bagian tengah hunian. Area tengah hunian ini menjadi akses udara masuk.

Area Ventilasi Ini Memudahkan Udara dan Sinar Matahari Masuk ke Seluruh Ruangan di Dalam Rumah (Foto: Rumah123/Designboom/Hiroyuki Oki)

Baca juga:  Rumah Kotak dengan Sederetan Taman dan Teras

Bagian tengah ini juga menjadi taman. Arsitek membuat taman dengan akses tangga. Selain itu, ada juga taman pada bagian tengah rumah.

Arsitek mengaplikasikan batu bata ekspos dengan memasangnya sebagai area ventilasi. Pemasangan tidak rata sehingga ada rongga yang bisa memaksimalkan cahaya dan udara bisa masuk. Batu bata ekspos ini juga membuat fasad lebih menarik.

Studio Happ membuat konsep rumah yang unik, konsepnya dari ruang publik ke ruang privat. Dapur, ruang makan, dan ruang tamu berada di depan, sementara ruang tidur dan kamar mandi berada di belakang. Kalau kamu sedang membangun rumah, coba aja desain rumah seperti ini.

Baca juga:  Rumah dengan Tujuh Taman

Arsitek Mendesain Sebuah Taman dan Juga Area Ventilasi Pada Bagian Tengah Rumah (Foto: Rumah123/Designboom/Hiroyuki Oki)
Bagikan: 598 kali