Rumah DP Rp0- Rumah123.com Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Menargetkan Pembangunan Hunian Vertikal untuk Program Rumah DP Rp0 Selesai Pada Agustus 2019 (Foto: Rumah123/Sarana Jaya.co.id)

Program rumah DP Rp0 yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hampir selesai. Pembangunan rumah ini ditargetkan selesai pada Agustus 2019 mendatang.

Rumah dengan uang muka atau down payment (DP) Rp0 digagas oleh Anies dan Wakil Gubernur saat itu, Sandiaga Uno saat baru mulai menjabat. Program rumah DP Rp0 ini sebenarnya merupakan hunian vertikal.

Hunian vertikal ini berada di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan sekitar 780 unit hunian.

Baca juga: Rumah DP Rp0 Diprioritaskan Untuk Pendaftar Berkeluarga, Jomblo Harap Sabar Ya

Saat ini, proses pembangunan hunian vertikal ini sudah mencapai 87 persen. Rencananya, hunian ini akan selesai pada Agustus 2019.

Ada tiga tipe unit hunian vertikal yang ditawarkan yaitu studio, 1 bedroom, dan 2 bedroom. Masing-masing tipe mempunyai dua varian luas yang berbeda.

Hunian tipe studio ditawarkan dengan harga mulai dari Rp184 jutaan. Tipe 1 bedroom ditawarkan dengan harga Rp210 jutaan dan tipe 2 bedroom ditawarkan dengan harga Rp340jutaan.

Baca juga: Mau Hunian DP Rp0? Gajimu Harus di Bawah Rp7 Juta

Seperti dilansir dari situs Detik.com, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Rumah DP Rp0, Dzikran Kurniawan yang memaparkan kelanjutan hunian vertikal ini. Saat ini, tahap yang sedang berlangsung adalah verifikasi terkait persyaratan.

Syarat untuk mempunyai rumah DP Rp0 ini adalah belum memiliki rumah, memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) Jakarta, sudah tinggal sekurang-kurangnya selama lima tahun di Jakarta, tidak pernah menerima subsidi perumahan, dan berpenghasilan Rp4-7 juta per bulan.

Ketika program ini diluncurkan, jumlah mereka yang mendaftar mencapai 2.500-an orang. Setelah melalui verifikasi, saat ini tersisa 899 orang.

Baca juga: Hunian DP Nol Rupiah Segera Berdiri di Pondok Kelapa

Mereka yang lolos verifikasi ini direkomendasikan untuk menjalani proses kredit dari Bank DKI. Bank milik Pemerintah Provinsi DKI ini akan menyeleksi dan menentukan mereka yang layak memperoleh kredit.

UPT Rumah DP Rp0 dan Bank DKI akan memberikan informasi, kemudian memanggil mereka yang lolos untuk proses kredit. Kedua lembaga ini akan membentuk tim bersama.

Mereka yang lolos ke tahap proses memperoleh kredit akan segera dihubungi. Proses ini akan dilakukan pada pekan kedua Juli 2019. Proses pengajuan kredit sama seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) lainnya.

Baca juga: Hunian DP Nol Rupiah Segera Berdiri di Pondok Kelapa

Pemohon akan mengisi kelengkapan berkas KPR, form pengajuan, kelengkapan data seperti KK (Kartu Keluarga), KTP, dan dokumen lainnya.

Bagi kamu yang termasuk mengajukan diri dan mendaftar untuk mendapatkan Rumah DP Rp0, segera pantau media massa untuk pemberitahuan lanjutan. Jangan lupa untuk menyiapkan semua dokumen yang harus dipersiapkan.

Bagikan: 2002 kali