Ilustrasi Keluarga. Pendaftar Yang Berstatus Sudah Berkeluarga Mendapatkan Prioritas Pendaftaran Rumah DP Rp0 (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Pendaftaran Rumah DP Rp0 sudah dimulai sejak pekan lalu. Pendaftar yang sudah memiliki keluarga bakal diprioritaskan lho. Kabar agak sedih buat jomblo nih.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran pembelian Rumah DP Rp0 mulai dari Kamis, 1 November hingga Selasa, 20 November 2018. Ada sejumlah lokasi tempat pendaftaran yang telah ditetapkan.

Kompas.com melansir kalau warga yang sudah berkeluarga dan mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta diprioritaskan dalam mendaftar. Sementara untuk yang belum berkeluarga alias masih lajang akan masuk dalam daftar tunggu.

Baca juga: Rumah DP 0% Bakal Berdiri di Depo LRT Jakarta dan Jalan Yos Sudarso

“Diprioritaskan yang keluarga. Sesuai prioritas dengan KTP DKI Jakarta sudah 5 tahun, di bawah 5 tahun akan gugur. Tapi kalau 10 tahun belum punya rumah akan lebih diprioritaskan, sisanya waiting list,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti seperti dikutip oleh Kompas.com.

Sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh para pemohon atau pendaftar. Sejumlah persaratan tersebut adalah penduduk DKI Jakarta yang dibuktikan lewat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan belum mempunyai rumah sendiri. Pendaftar harus tinggal di Jakarta minimal selama 5 tahun.

Syarat lainnya adalah belum pernah menerima subsidi rumah, memiliki penghasilan Rp4 juta hingga Rp7 juta, taat pajak, prioritas bagi yang sudah menikah, dan wajib memiliki rekening Bank DKI.

Baca juga:  Kalau Mau Beli Rumah DP Rp0 Mesti Ke Mana Ya

Peserta harus melampirkan sejumlah dokumen saat mendaftar seperti KTP DKI, Kartu Keluarga (KK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan buku nikah.

Dokumen lainnya yang perlu disertakan adalah surat permohonan fasilitas pembiayaan, surat pernyataan belum memiliki rumah, surat tidak pernah menerima subsidi rumah, surat keterangan penghasilan, dan surat akan menempati rumah.

Nah, buat kamu yang masih jomblo, masih bisa mendaftar dan akan melewati verifikasi dan seleksi, kemudian masuk daftar tunggu. Jomblo harap sabar ya.

Baca juga:  Apa Saja Sih Persyaratan Beli Rumah DP Rp0

Bagikan: 617 kali