rusunami rumah dp rp0- rumah123.com Ilustrasi Rusunami. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Membangun Rusunami (Rumah Susun Sederhana Milik) di Pulogebang, Jakarta Timur. Rusunami Ini Menjadi yang Ketiga dalam Program Rumah DP Rp0 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Program Rumah DP Rp0 terus berlanjut. Rencananya, rusunami ketiga akan dibangun di Pulogebang, Jakarta Timur pada 2020.

Rumah DP (down payment) Rp0 yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun rusunami (rumah susun sederhana milik) ketiga.

Rusunami ketiga ini akan dibangun di Pulogebang, Jakarta Timur. Sebelumnya, program ini telah membangun rusunami pertama di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Baca juga: Akhir 2019, Rumah DP Rp0 Akan Dibangun di Cilangkap Jakarta Timur

Hunian vertikal pertama ini bernama Klapa Village. Namun belakangan namanya diubah menjadi Nuansa Pondok Kelapa. Nantinya, semua hunian vertikal ini akan dimulai dengan Nuansa.

Proses serah terima kunci sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Anies telah menyerahkan kunci kepada sejumlah penghuni termasuk kaum disabilitas.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan membangun rusunami kedua di Cilangkap, Jakarta Timur. Pembangunan rusunami akan dilaksanakan oleh badan usaha milik Pemprov DKI Jakarta yaitu Permuda Pembangunan Sarana Jaya.

Baca juga: Animo Masyarakat Tinggi, Pendaftaran Rumah DP Rp0 Gelombang Kedua Dibuka

Pembangunan rusunami ketiga akan dilakukan pada awal 2020. Sementara pembangunan rusunami kedua dilakukan pada akhir 2019.

“Pulogebang, penilaian (appraisal) tanahnya sudah selesai, pembebasan lahannya. Rencananya awal tahun 2020 sudah bisa groundbreaking (peletakan batu pertama),” kata Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan seperti dikutip oleh situs berita online Kompas.com.

Nuansa Pulogebang Memiliki 600 Unit Hunian Vertikal

Yoory melanjutkan bahwa Perumda Pembangunan Sarana Jaya berencana membangun sekitar 600 unit hunian vertikal. Jumlah unit ini lebih sedikit dari Nuansa Pondok Kelapa yang mempunyai 780 unit rusunami.

Sementara Nuansa Cilangkap memiliki jumlah unit lebih banyak. Rencananya, rusunami di Cilangkap ini memiliki sekitar 900-1.000 unit hunian vertikal.

Rusunami ini akan berdiri di atas lahan seluas empat hektare. Belum ada info lebih lanjut berapa jumlah tower rusunami yang akan dibangun.

Baca juga: Transjakarta Punya Rute Baru untuk Warga yang Tinggal di Rumah DP Rp0

Belum ada kepastian berapa jumlah tipe unit hunian yang akan dibangun. Namun, Nuansa Pondok Kelapa mempunyai tiga tipe unit rusunami yaitu studio, 2 bedroom atau dua kamar tidur, dan 3 bedroom atau tiga kamar tidur.

Yoory juga memaparkan soal pemberian nama semua rusunami DP Rp0 yang akan diberi nama Nuansa. Hal ini untuk memudahkan pemberian nama.

“Sekarang semua yang DP 0 kita namakan Nuansa. Jadi Nuansa Pondok Kelapa, Nuansa Cilangkap, nanti Nuansa Pulogebang, nuansa mana lagi nanti. Itu semua namanya kita pakai trennya nuansa supaya lebih mudah,” kata Yoory.

Baca juga: Rumah DP Rp0 Ditargetkan Selesai Pada Agustus 2019

Perumda Pembangunan Sarana Jaya akan memabangun rusunami yang masuk program Rumah DP Rp0 ini di sejumlah lokasi lainnya. Namun, Yoory belum mau memberikan rincian lokasi pembangunan rusunami lainnya.

Yoory sendiri pernah mengungkapkan ke media bahwa rusunami akan dibangun di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Pihaknya masih bernegosiasi mengenai harga tanah. Jika harga tanah mahal, tentunya menyulitkan untuk membangun rusunami.

Bagikan: 1228 kali