Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) saat meninjau maket Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang merupakan Program Rumah DP 0%. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

Rumah DP Nol Rupiah alias DP 0% bakal terus didukung Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, pada Rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta, beberapa hari lalu, ada bantuan pembiayaan untuk Rumah DP 0% sebesar Rp717 miliar di APBD-P 2018. Sedangkan anggaran pembangunan Rusun Pegangsaan, Rusun Ujung Menteng, dan Rusun PIK Pulogadung, dicoret dari anggaran.

Ketiga Rusun yang dianggarkan pada APBD 2017 tersebut dihentikan karena tak mencapai target penyelesaian. Pemprov DKI Jakarta justru menambah anggaran untuk penyediaan Rumah DP Rp0.

"Ini biaya bantuan pembiayaan perumahan. Buat bantuan yang DP 0 itu. Di APBD-P biaya bantuan itu dianggarkan Rp717 miliar," kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Yusmada Faizal, seperti dikutip Detik.com, Selasa (28-8-2018).

Baca juga: DP 0% Lebih Baik Buat Beli Rumah Daripada Kendaraan!

Menurut Yusmada, anggaran tersebut dialokasikan dari dana sisa lebih anggaran Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Dana ini untuk pembebasan lahan dan bantuan uang muka rumah."Sisa Rp1 triliun itu akan kami pakai Rp300 triliun untuk pembebasan tanah dan Rp700 miliar untuk bantuan fasilitas uang muka DP 0," kata dia.

"Kan untuk memiliki perumahan kita memfasilitasi untuk uang mukanya sama KPR-nya dengan bunga yang sangat ringan seperti yang dilakukan selama ini oleh pemerintah pusat," kata Yusmada.

Bagikan: 898 kali