Studio Arsitektur Ekuador, Gabriel Rivera Arquitectos Mendesain Rumah dengan Pohon Di Tengah Hunian (Foto: Rumah123/Dezeen/Bicubik)

Sejumlah pohon tetap dipertahankan selama perancangan desain rumah dan pembangunan hunian. Hasilnya rumah keren yang dikelilingi pepohonan dan burung yang berkicau.

Studio arsitektur Ekuador, Gabriel Rivera Arquitectos mendesain rumah untuk sebuah keluarga. Hunian ini berada di Nayon, kawasan pinggiran ibu kota Ekuador, Quito. Hunian ini bernama Tacuri House atau Casa Tacuri.

Kawasan ini memiliki pemandangan indah lembah Cumbaya dan juga punya kekayaan alam pepohonan. Salah satunya pohon Algarrobo yang memang banyak tumbuh di sini.

Baca juga: Rumah Ini “Menghilang” di Tengah Pepohonan! Wah, Kok Bisa Ya?

“Pepohonan menarik perhatian burung untuk berkicau, mereka menjadi bagian dari alam. Padahal faktanya Tacuri hanya berjarak beberapa menit dari kawasan aktivitas kaum urban,” ujar Gabriel Rivera Arquitectos kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Gabriel Rivera Arquitectos merancang desain rumah yang tidak memangkas pohon sama sekali. Semua pohon dipertahankan, sementara desain rumah menyesuasikan.

Rumah ini mempunyai dua lantai dan berbentuk seperti huruf U. Lantaran bentuknya, hunian ini seperti memiliki tiga bagian.

Baca juga: Mempertahankan Keberadaan Pohon Saat Renovasi Rumah? Bisa Aja Kok!

Hunian ini mengaplikasikan material kaca pada nyaris semua bagian rumah. Rumah ini memang mirip akuarium, terang karena mendapatkan cahaya alami. Selain juga untuk menikmati pepohonan yang berada di dalam area rumah.

Rumah ini memiliki tiga kamar tidur, kamar tidur utama berada di bagian atas. Selain itu, ada sejumlah fasilitas seperti ruang makan, ruang keluarga, dapur, studio, dan juga garasi.

Sejumlah arsitek mendesain hunian yang mempertahankan pohon, tidak ada pohon yang ditebang. Hmm, bagaimana rasanya kalau ada pohon besar di tengah rumah ya?

Baca juga: Bukti Mendesain Rumah Tanpa Menebang Pohon

Bagikan: 383 kali