Jika rumah berada di tengah gang sempit, kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli mobil

gang sempit - rumah123.com Bagaimana jika rumah berada di tengah gang sempit? Dalam kondisi ini, kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membeli mobil. (Rumah123.com/Getty Images)

Memiliki sebuah mobil memang memberikan banyak keuntungan. Kamu yang punya banyak anggota keluarga di rumah, apalagi jika ada bayi dan lansia, bepergian dengan menggunakan mobil pribadi tentu lebih nyaman ketimbang harus naik transportasi umum atau naik motor. Jika memang ada biaya, sah-sah saja membeli mobil. 

Tapi, bagaimana jika rumah berada di tengah gang sempit, yang bahkan tak bisa masuk mobil? Dalam kondisi ini, sepertinya kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Apa saja kira-kira?

Tempat parkir yang jauh dari rumah

Biasanya, mereka yang rumahnya berada di gang sempit akan memarkirkan mobilnya di lapangan parkir dekat rumah. Artinya, ketika hendak naik atau turun mobil, kamu harus jalan kaki dulu menuju tempat parkir. Kalau cuaca normal sih tak akan jadi masalah. Tapi bagaimana jika terjadi hujan? Kamu tentunya harus melewati hujan tersebut. Walaupun sebentar, tetap saja kamu akan kebasahan.

Biaya parkir per bulan

Memakirkan mobil di lapangan tentunya tidak gratis. Ada biaya yang dipatok oleh pengelola lahan parkir. Biasanya biaya ini bisa mencapai Rp400.000 hingga Rp1.000.000 per bulan. Itu baru biaya parkir rutin bulanan. Belum lagi biaya parkir yang harus kamu bayar di kantor (jika kamu memang membawa mobil ke kantor), ke mall, dan tentunya biaya cicilan mobil. 

Perawatan ekstra yang memakan biaya tambahan

Lapangan parkir dekat rumah biasanya hanya berupa tanah kosong tanpa atap. Lantaran mobil sering diparkir di tempat terbuka yang tak punya perlindungan, kamu harus melakukan perawatan ekstra supaya mobil tak cepat rusak. Mulai dari membeli sarung mobil, meng-coating cat, hingga mencuci mobil lebih sering. Belum lagi kamu hanya bisa mencucinya di layanan jasa cuci mobil. Banyak biaya tambahan yang keluar untuk hal-hal ini. 

Baca juga: 7 Trik Rahasia Supaya Kebutuhan Harian Jadi Jauh Lebih Murah

Keamanan yang tak jelas

Mengingat lokasi parkir lumayan jauh dari rumah, kamu tak bisa mengawasi kendaraan milikmu terus-terusan. Memang sih, kebanyakan pengelola lapangan parkir akan menugaskan penjaga untuk mengawasi kendaraan yang dititipkan. Tapi mengingat mereka bukan dari badan resmi, keamanannya masih bisa diragukan. Jika terjadi pencurian, mereka tak bisa bertanggung jawab pula kan?

Baca juga: Berapa Lama Sih Umur 5 Barang Elektronik Rumah Tangga Ini?

Mobil rentan lecet atau penyok

Namanya juga tempat parkir bersama, kamu tak bisa menentukan kan siapa yang boleh parkir di sana dan tidak? Kalau lagi apes, bisa saja orang yang parkir di dekatmu ceroboh atau punya skil parkir yang payah. Mobil pun jadi berisiko lecet atau penyok. Kalau kerusakannya kecil, mungkin kamu bisa membenarkannya sendiri. Tapi kalau rusaknya lumayan parah? Mau tak mau mobil harus dibawa ke bengkel. Dana yang keluar pun tidaklah sedikit. 

Walaupun banyak hal negatif yang harus dipertimbangkan, bukan berarti punya mobil dengan kondisi rumah di gang itu tak boleh. Toh bagaimana pun, mobil itu sendiri punya banyak manfaat bagi kamu dan keluarga. Solusinya, kamu harus siap dengan segala risiko di atas. Jangan lupa juga untuk mengasuransikan mobil supaya kamu mendapatkan perlindungan ekstra ketika hal yang tak diinginkan terjadi pada kendaraanmu. 

Bagikan: 1467 kali