Biro Arsitektur India, PKA Mendesain Rumah yang Menyatukan Lima Elemen Yaitu Bumi, Langit, Udara, Air, dan Api (Foto: Rumah123/Designboom/PKA)

Hunian ini memang unik. Konsep rumah ini menurut arsitek adalah melakukan kombinasi dari lima elemen yaitu bumi, langit, udara, air, dan api.

Buat kamu yang pernah menonton The Last Airbender (2010) pasti sudah paham dengan lima elemen ini. Film mengisahkan soal Aang yang bisa mengendalikan beberapa elemen.

Designboom melansir bahwas biro arsitektur asal India, PKA mendesain sebuah rumah yang selaras dan harmonis dengan lanskap alam. Rumah ini berada di puncak bukit Pavana, negara bagian Maharasthra, India.

Baca juga: Enaknya Kerja Sambil Melihat Pemandangan Gunung

Rumah ini mempunyai luas lebih dari 929 meter persegi. Hunian ini seperti terdiri dari tiga rumah yang terpisah.

Arsitek mengaplikasikan tekstur dan warna pada dinding untuk menciptakan rumah dengan nuansa yang membumi. Rumah ini seolah menyatu dengan lanskap.

Rumah ini juga memberikan kesan sesuatu yang tumbuh dan muncul dari dalam tanah. Arsitek mendesain hunian ini untuk merespon kontur bukit.

Baca juga: Siapa Mau Tinggal di Rumah Kecil yang Menghadap Gunung

PKA merancang sebuah ruang terbuka yang lebar dengan jendela besar. Hal ini dilakukan agar sinar matahari masuk, penghuni juga bisa menikmati pemandangan indah di luar rumah.

Arsitek juga melakukan kombinasi sejumlah material sejumlah jenis batu, kayu, ubin terakota, batu bata ekspos, plester semen, dan baja ringan. Semua ini untuk menghormati lingkungan alami sekitar.

Bagian tengah rumah menjadi ruang duduk dan ruang keluarga rumah. Sementara beberapa bagian rumah menjadi area privat.

Baca juga: Atap Rumah Ini Didesain Mirip Gunung, Bisa Dipanjat dari Bawah Lho

Rumah Ini Berada di Sebuah Bukit dan Memiliki Pemandngan Indah (Foto: Rumah123/Designboom/PKA)
Bagikan: 689 kali