Biro Arsitek Tropical Space Mendesain Sebuah Rumah yang Mengaplikasikan Batu Bata Ekspos (Rumah123/Curbed)

Apa yang terlintas ketika melihat hunian dari batu bata? Terkesan murahan, seperti bangunan kaku, atau ada kesan lain?

Namun kesan yang berbeda bakal muncul ketika kamu melihat rumah dari material batu bata yang ada di My Hanh Nam, Vietnam. Rumah tidak terkesan kaku, malah terlihat nyaman dan penuh cahaya.

Baca juga: Waduh, Pilih Pagar dengan Material Kayu Atau Bata Ekspos Ya? (Bagian 1)

Biro arsitek asal Vietnam, Tropical Space mendesain rumah ini. Firma ini pernah merancang sejumlah bangunan dari material batu bata di sejumlah lokasi lainnya di Vietnam.

Kalau melihat hunian ini dari beberapa sisi, maka rumah ini memang terlihat berbeda. Dari satu sisi rumah ini malah terlihat seperti bentuk trapesium yang tidak beraturan.

Baca juga: Waduh, Pilih Pagar dengan Material Kayu Atau Bata Ekspos Ya? (Bagian 2)

Pada bagian eksterior, ada penyusunan batu bata yang membentuk pola. Nah, pola ini bisa menyalurkan udara mengalir dari luar ke dalam rumah. Pola ini juga membuat sinar matahari bisa masuk ke dalam hunian.

Batu bata memang dibiarkan terekspos baik dari luar maupun dari dalam. Arsitek memadukan material ini dengan beton ekspos pada lantai.

Baca juga: Ambisi Chelsea Punya Stadion Baru Terancam Batal

Bagian dalam rumah ini memang dibiarkan menjadi terbuka. Ada bagian tengah dalam rumah yang terbuka dengan kolam berbentuk kotak.

Saat penghuni berada di halaman, dia bisa melihat ke dalam termasuk kamar tidur, ruang duduk, dan lainnya. Konsep terbuka membuat hunian ini seperti memiliki ruang bersantai yang saling terhubung.

Baca juga: Kehadiran Tangga Kayu Percantik Hunian dari Beton Ekspos dan Batu Bata

Jika melihat desain rumah ini secara keseluruhan, hunian yang menggunakan material batu bata ternyata terlihat luar biasa ya. Kamu mau merancang rumah seperti ini juga?

By the way, rumah ini kan berada di Vietnam, seharusnya bisa juga diaplikasikan di Indonesia yang sama-sama beriklim tropis.

Baca juga: Mau Dong Tinggal di Gua Batu Bata Kayak Gini?

Kolam Menjadi Ruang Terbuka di Dalam Rumah (Rumah123/Curbed)
 
Tropical Space Mendesain Batu Batu Membentuk Pola Sehingga Ada Lubang yang Membua Udara dan Sinar Matahari Masuk ke Dalam Rumah (Rumah123/Curbed)
 
Biro Arsitek Merancang Rumah Ini dengan Konsep Terbuka (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 1727 kali