Shulin Architectural Design Merancang Rumah Baca dengan Fasad Transparan dari Material Kaca (Foto: Rumah123/Designboom/Zhao Yilong/Chen Lin)

Studio arsitektur China, Shulin Architectural Design merancang rumah baca transparan. Bangunan ini berbentuk panggung dan material kaca menutupi fasad.

Situs Designboom melansir kalau rumah baca ini berada di Wuyi, Jinhua, provinsi Zhejiang, China. Fasilitas publik ini merupakan ruang baca yang dirancang menjadi tempat yang tenang.

Anak-anak, pemuda, atau orang tua bisa memanfaatkan rumah baca ini. Mereka bisa membaca dengan tenang dalam bangunan ini.

Baca juga: Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Shulin Architectural Design merancang bangunan ini berbentuk panggung. Ada sepuluh tiang yang menyangga bangunan ini.

Bagian bawah merupakan ruang semi terbuka. Ruangan ini mempunyai atap tetapi tidak memiliki dinding. Bagian ini seperti menjadi beranda.

Sementara bagian atas lebih tertutup. Ada dua bagian dalam ruangan tertutup ini yaitu area perpustakaan dan ruang membaca.

Baca juga: Ngapain Cristiano Ronaldo Beli Gedung Perpustakaan?

Arsitek merancang fasad menggunakan material kaca. Seluruh bangunan rumah baca ini transparan karena aplikasi kaca. Rumah baca ini pun menjadi terang benderang saat siang hari karena cahaya matahari leluasa masuk.

Kawasan ini dikelilingi oleh pegunungan dan hutan. Shulin Architectural Design merancang agar fasilitas umum ini selaras dengan alam sekitar.

Arsitek memahami kalau esensi dari arsitektur pedesaan adalah manusia dan ruang, manusia dan alam, serta manusia dan waktu memang harmonis. Hmm, kayaknya asyik ya kalau punya rumah baca seperti ini.

Baca juga: Gimana Ceritanya Tuh Perpustakaan Bisa Dibangun dalam 1 Pekan

Bagikan: 506 kali