Biro Arsitek Asal Belanda, BETA Mendesain Rumah Lima Lantai yang Ditempati oleh Tiga Generasi (Foto: Rumah123/Dezeen/Ossip van Duivenbode)

Hal tidak biasa bagi orang Barat kalau tiga generasi tinggal dalam satu rumah. Biro arsitek asal Belanda, BETA mendesain sebuah rumah yang ditempati oleh multi generasi. Semua kebutuhan bisa terakomodasi lho.

Kakek nenek, orang tua, dan cucu tinggal di sebuah rumah mungkin terdengar unik bagi orang Eropa dan Amerika Serikat. Tapi, hal biasa bagi mereka yang tinggal di Asia.

BETA merancang hunian untuk pasangan muda, orang tua, kakek nenek. Rumah ini berada di Buiksloterham, Amsterdam, Belanda.

Baca juga: Tips Desain: Merancang Rumah untuk Empat Generasi

Arsitek menjadikan rumah ini seperti apartemen mini untuk semua orang. Hunian yang bisa menfasilitasi kebutuhan semua orang.

Lantai paling bawah menjadi hunian pasangan muda. Mereka tidak hanya memiliki tempat tingga, tetapi juga ruang kerja.

Bagian bawah rumah juga terhubung dengan taman. Pasangan muda ini bisa memanfaatkannya untuk berkumpul bersama teman.

Baca juga: Bisa Dipakai oleh Kakek, Dapat Digunakan Juga oleh Cucu

Lantai berikutnya untuk orang tua. Yang unik, hunian untuk kakek nenek justru berada di lantai paling atas, lantai lima.

Arsitek memasang lift untuk memudahkan para penghuni terutama kakek nenek untuk naik turun lantai di rumah ini. Hmm, kalau naik tangga tentunya tidak mungkin kan?

Buat kamu yang mau merenovasi rumah agar bisa mengakomodasi kebutuhan orang tua dan kakek nenek, desain rumah ini bisa jadi contekan nih.

Baca juga: Kakek Nenek, Bapak Ibu, dan Cucu Kumpul Semua di Sini

Hunian untuk Cucu Berada di Lantai Dasar dan Area untuk Kakek Nenek Justru Berada di Lantai Lima (Foto: Rumah123/Dezeen/Ossip van Duivenbode)
Bagikan: 1526 kali