Rumah yang Didesain oleh Christian Taeubert (Rumah123/Curbed)

Hal lazim kalau masyarakat di Asia masih tinggal bareng antara beberapa generasi. Mungkin saat kamu kecil, kakek nenek kamu tinggal bersama dengan orang tua.

Nah, buat kamu yang sudah menjadi mom and dad, giliran orang tua kamu tinggal bersama kamu dan juga anak kamu. Satu rumah dihuni tiga generasi memang hal biasa.

Baca juga: Mau Beli Rumah Mungil Seharga Rp 2,5 Miliar?

Hal inilah yang membuat arsitek Christian Taeubert harus bersiasat untuk mendesain hunian berukuran terbatas, namun dihuni oleh tiga generasi sekaligus. Rumah ini hanya memiliki luas 40 meter persegi!

Rumah ini berada di kawasan bersejarah di ibu kota China, Beijing. Kawasan ini berisi rumah-rumah tua yang sudah berusia puluhan tahun.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Taeubert mengubah hunian ini menjadi “rumah dalam rumah”. Apalagi ada enam penghuni dari tiga generasi. Dua orang tua, dua kakek nenek, satu nenek, dan satu cucu.

Rumah ini memang kecil, namun masih memiliki ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, tempat membaca, serta tiga kamar. Ada tambahan tempat tidur yang ditempatkan di atas ruang tidur.

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Bisa Dipasang dalam 5 Jam, Mau Punya Ga?

Untuk membuat hunian kecil ini terlihat luas, Taeubert mendesain seluruh ruangan mengaplikasikan cat putih terutama pada dinding dan langit-langit. Ruangan terlihat bersih dan luas.

Bahkan, cat putih diaplikasikan pada beberapa furnitur. Sementara sebagian furnitur lainnya menggunakan material kayu yang masih mempertahankan warna asli.

Baca juga: Inilah Hotel Mikro Pertama di AS, Luas Kamar Hanya 15 Meter Persegi!

Arsitek juga menggunakan furnitur dari kayu dalam hunian. Material kayu juga dimanfaatkan sebagai lantai.

Hmm, belum pernah terbayangkan kalau rumah mungil berukuran 40 meter persegi bisa menampung enam orang dari tiga generasi lho. Mungkin kamu mau ikutan juga, merancang hunian serupa.

Baca juga: Nih, Rumah Mikro Ala London yang Bisa Jadi Solusi Untuk Milenial Indonesia

Rumah yang Didesain oleh Christian Taeubert (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 4402 kali