Foto: iStock Photo Foto: Rumah123/iStock

Kalau kamu merasa kekurangan ruangan di rumahmu, bisa saja loh setiap sudut kamu manfaatkan jadi ruangan. Sebut saja ruang di bawah tangga.

Posisi bawah ruang tangga bisa dibuat jadi apa saja sesuai kebutuhanmu. Semisal kamu butuh tempat untuk meletakkan pernak-pernik rumah tangga, maka ruang tersebut bisa kamu buat menjadi rak.

Jika kamu hobi belanja pakaian, terus lemari pakaianmu sudah tak bisa menampung lagi pakaianmu. Bisa juga loh kamu buat lemari pakaian di bawah tangga. Sesuaikan saja model lemari dengan ukuran ruang yang ada dan desain sesuai seleramu.

Kalau kamu hobi olahraga, kamu bisa membuat semacam gudang kecil pada bawah tangga. Atau kamu bisa juga bikin toilet khusus untuk tamu.

Baca juga: Kesan Asri dan Alami pada Sebuah Hunian Kota Besar

Kalau kamu butuh tambahan kamar, bisa juga loh ruang bawah tangga dijadikan kamar. Tapi, ukurannya tentu saja sangat kecil. Mungkin juga kondisinya sedikit gaduh karena aktivitas orang turun-naik tangga.

Menempatkan satu set meja belajar di sudut bawah tangga juga bisa kamu terapkan. Membuat rak buku juga bisa.

Bahkan, kamu  jadikan ruang keluarga juga bisa saja. Kamu tambahkan televisi, jadi menambah ruang rumahmu menjadi luas bukan?

Bukan hanya ruang bawah tangga saja yang bisa kamu manfaatkan. Ruang-ruang antara anak tangga pun juga bisa kamu fungsikan. Bila tanggamu terbuat dari kayu, bisa dimodifikasi menjadi rak penyimpanan sepatu yang tersembunyi.

Jadi, manfaatkan segala sudut ruangan di rumahmu agar hunianmu tak terasa sempit. Hunianmu pun jadi tambah rapi karena banyak tempat penyimanan barang yang tersembunyi. (Wit)

Bagikan:
1411 kali