OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ruangan Bukan Sekadar Harum

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: admin

Foto artikel 4

Ruangan yang wangi semerbak memang bikin betah. Cukup begitukah? Tidak! Udara ruangan yang berkualitas harus terhindar dari bahan berbahaya.

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa pengharum ruangan kimia justru mengandung bahan yang bersifat karsinogenik alias beracun. Selain itu, pengharum ruangan kimia juga memiliki kandungan volatile organic compound (VOC) yang jika terhisap dalam jangka waktu lama akan membahayakan kesehatan.

Baca juga: Bersih-Bersih dengan Produk Hijau

VOC adalah senyawa yang mengandung karbon dan menguap pada tekanan dan temperatur tertentu. Selain di pewangi ruangan, VOC biasanya terdapat dalam cat. Jadi, berhati-hatilah dengan wangi harum yang ditawarkan pewangi ruangan ataupun cat tertentu.

Membersihkan ruangan secara berkala jauh lebih baik agar kualitas udara tetap terjaga. Meski begitu, kamu perlu memperhatikan alat-alat dan cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah.

Baca juga: Sel Kulit Mati Bersihkan Udara Ruangan

Hindari produk yang mengandung formaldehid dan VOC. Pada takaran tertentu senyawa kimia tersebut memang tidak akan membahayakan, tapi jika tanpa sadar terkonsumsi terus-menerus, efek negatifnya akan terasa pada kesehatan tubuh.

Untuk menghasilkan udara yang bersih dan berkualitas dalam ruangan, hal penting lain yang perlu kamu lakukan adalah memastikan ventilasiya berjalan lancar. Jika ruangan tidak berjendela, pasanglah exhaust fan di plafon untuk menyedot udara kotor dalam ruangan sehingga tidak pengap.


Tag: , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA