Skylights bisa jadi nilai tambah interior sebuah ruang. Foto: Rumah123/Getty  

Rumah yang terang bikin hati senang. Sebaliknya, ruangan yang suram mengundang muram. Nah, kalau kamu lagi ngebangun rumah, atau telanjur beli rumah yang ruangannya kurang terang, ada solusi yang bisa kamu laksanakan, yakni pasang skylight.

Kalau rumahmu memiliki keterbatasan lahan dan sulit menempatkan jendela, penggunaan skylight merupakan pilihan tepat. Selain menghasilkan efek pencahayaan yang dramatis, skylight juga merupakan penerang ruang saat siang.

Baca juga: Rumah di Portugal Ini Terang Berkat Skylight, Coba Aplikasikan di Rumah Kamu

Selain akan menghemat listrik, adanya skylight bisa jadi dekor yang mempercantik ruang. Selain menciptakan efek-efek cahaya yang dramatis pada ruangan, skylight juga mampu membentuk sirkulasi cahaya dan udara alami yang masuk ke dalam rumah. Kalaupun menggunakan material kaca ataupun lapisan film, skylight tidak membuat suhu di dalam rumahmu meningkat kok!

 
Skylight di atap rumah, bikin terang ruang belajar. Foto: Rumah123/Getty
 

Penggunaan skylight tak dibatasi oleh model atap rumahmu. Kamu hanya perlu menyesuaikan pemasangan skylight dengan desain ruangan yang ingin kamu beri penerangan. Jangan lupa mempertimbangkan nilai estetikanya ya!

Kamu juga perlu memerhatikan pemilihan material skylight. Material kaca tempered bisa kamu coba karena lebih kuat dan tahan api. Bila perlu, kamu bisa melapisi kaca tersebut dengan pelapis beremisi rendah yang berfungsi menahan panas. Kalau harga kaca cukup mahal buat kantongmu, bisa menggantinya dengan plastik. Jenis plastik yang bisa digunakan yaitu ABS, akrilik, dan polikarbonat. Untuk mengurangi beban dan tak gampang brodol karena skylight letaknya di atap, kamu bisa memilih bahan yang kuat, tapi ringan.

Baca juga: Rumah pun Perlu ”Berteman” dengan Matahari

Skylight biasanya ditempatkan di area ruang keluarga, kamar tidur, atau kamar mandi. Agar kamar mandi terang tak disarangi kuman, kamu bisa mengaplikasikan skylight untuk memanfaatkan pencahayaan Matahari. Penempatan skylight yang tepat mampu mengeksplorasi sudut ruang kamar mandi. Efek cahayanya juga menghasilkan nilai estetika yang menawan.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Pasalnya, pemasangan skylight juga memiliki risiko. So, berhati-hatilah!

Bagikan: 1033 kali