Foto: Rumah123/iStock

Kalau kamu sering melihat film-film Hollywood, kamu pasti sering melihat ada ruang tidur di loteng.

Rumah di Amerika Serikat memang didesain untuk memiliki ruangan atas dan dasar, berupa ruangan di loteng dan bagian bawah rumah yaitu basement.

Baca juga: Sleeper Sofa: Sofa dan Ranjang Jadi Satu Lho

Kamu ingin membuat ruang tidur di loteng seperti di film? Bisa kok, tetapi tentunya kamu harus mempertimbangkan banyak hal.

Pertama, loteng memiliki ruang yang cukup lapang. Indikatornya, kalau kamu bisa berdiri dengan baik saat di loteng. Selain itu, loteng cukup luas untuk menaruh ranjang dan beberapa perabotan tambahan.

Baca juga: Nggak Usah Bingung Deh, Pilih Coffee Table

Kedua, loteng harus kuat. Kamu akan menempatkan ranjang di loteng, maka bagian ini harus diperkuat agar bisa menahan beban ranjang, orang yang tidur di atasnya, dan barang-barang lain yang mungkin ditempatkan di sini.

Ketiga, sirkulasi udara. Kalau kamu ingin tidur di loteng, maka perhatikan sirkulasi udara. Bagian yang menjadi saluran pertukaran udara adalah tangga yang menjadi akses masuk.

Baca juga: Untuk Apa Sih Memasang Pagar di Depan Rumah? Ini Alasannya Lho

Namun, tentu saja hal ini masih kurang. Kamu harus menaruh pendingin udara atau exhaust fan agar kamu bisa tidur nyaman di sini.

Jangan lupakan juga akses untuk sinar matahari. Buatlah jendela pada salah satu bagian, tetapi kalau tidak bisa, pasang saja genteng kaca atau fiberglass.

Baca juga: Coba Deh, Aplikasikan Desain Skandinavia untuk Rumah Kamu

Keempat, berikan penerangan. Seperti lazimnya ruang tidur, kamu memerlukan lampu. Ada baiknya kamu memasang lampu meja yang bisa diatur pencahayaannya.

Saat kamu tidur, kamu hanya perlu meredupkan cahaya lampu sehingga ruangan tetap memiliki pencahayaan.

Bagikan:
5013 kali