Ruang Baca dan Bersantai yang Didesain oleh Studio Strato dan Maria Clara Ghia (Rumah123/Dezeen)

“Kami menginginkan kalau dua ruang ini terhubung, untuk menyelaraskan dua bagian yang berbeda dalam ruang dan bisa melihat ke taman. Ruang sempurna untuk menikmati pelarian sejenak,” ujar Studio Strato kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Biro arsitek asal Italia, Studio Strato merancang sebuah ruang tersembunyi, sebuah ruang baca yang juga ruang perpustakaan dalam sebuah rumah. Ruangan ini terhubung dengan ruang duduk.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Selasar Sebagai Perpustakaan Kecil

Studio Strato merupakan firma yang didirikan oleh Martino Fraschetti dan Vincezo Tattolo pada 2007. Biro ini memiliki kantor pusat di ibu kota Italia, Roma.

Dalam mengerjakan proyek hunian ini, Studio Strato berkolaborasi dengan arsitek Maria Clara Ghia. Para arsitek mendesain sebuah rumah dengan luas 110 meter persegi.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Ruang baca ini juga merangkap perpustakaan dan ruang bersantai. Uniknya, ruang baca ini terhubung dengan ruang duduk melalui sebuah lubang berbentuk lingkaran,

Ruang ini juga memiliki sebuah tempat tidur kecil. Pemilik rumah tidak hanya bisa duduk untuk membaca buku, tetapi juga dapat memanfaatkannya untuk tidur siang.

Baca juga: Perpustakaan Ini Didesain Seperti Mata yang Besar, Pinjam Buku Di Sini Yuk!

Arsitek juga menempatkan rak buku, tetapi juga kasur dan bantal. Rak tidak berisi buku, namun pajangan serta koleksi pemilik rumah.

Lantaran luasnya memang terbatas, Studio Strato dan Ghia mengaplikasikan warna putih pada dinding dan rak buku. Tidak ketinggalan menempatkan sebuah jendela supaya akses sinar matahari dan udara bisa masuk.

Baca juga: Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Asyik, juga ya kalau punya tempat bersantai seperti ini di rumah. Saat ingin melepas lelah, kamu bisa bersantai sambil membaca buku. Kamu mau bikin juga?

Ruang Baca dan Bersantai yang Didesain oleh Studio Strato dan Maria Clara Ghia (Rumah123/Dezeen)
Ruang Baca dan Bersantai yang Didesain oleh Studio Strato dan Maria Clara Ghia (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 801 kali