Insiden Robohnya Walkway Hyatt Regency di Kansas City, Amerika Serikat pada 1981 (Rumah123/Kansas City)

Puluhan orang menderita luka-luka setelah lantai mezzanine Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta roboh pada Senin (15/1/2018). Para korban langsung dibawa ke beberapa rumah sakit.

Lantai mezzanine BEI yang roboh ini mirip walkway atau semacam jalan gantung dengan suspensi yang ada di lobby hotel Hyatt Regency di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat. Walkway ini runtuh pada 17 Juli 1981 silam.

Baca juga: Kebakaran Hutan Ancam 172.000 Rumah dan Bikin Kerugian Rp878 Triliun!

Kejadian ini menjadi peristiwa runtuhnya sebuah bangunan dengan korban jiwa terbanyak. Tentunya sebelum insiden runtuhnya dua menara kembar World Trade Center di New York pada 2011.

Insiden di Kansas City ini menewaskan 114 orang, sementara 200 orang lainnya mengalami luka-luka. Kebetulan, saat itu ada acara pesta.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Sebelum insiden terjadi, ada 1.600 orang yang sedang menghadiri pesta. Ada puluhan orang yang berada di walkway lantai empat dan dua.

Lantaran tidak kuat menahan beban jumlah orang, walkway lantai empat jatuh ke lantai dua dan kemudian jatuh ke lobby. Korban pun berjatuhan.

Baca juga: Rumah dari Material Tanah Ini Malah Sukses Meraih Penghargaan Kelas Dunia Lho

Runtuhnya bagian ini terkait perubahan desain. Metode penyanggaan bagian ini terhubung dengan struktur bangunan. Kesalahan ini terutama terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik antara insinyur yang mendesain dan kontraktor.

Selain itu, tidak ada pengecekan yang tidak menyeluruh terhadap desain terutama desain yang diberikan oleh kontraktor.

Baca juga: Ada Rumah Tahan Gempa dari China, Kayaknya Cocok Buat di Indonesia Nih

Insiden ini kemudian menjadi studi kasus standar terkait perancangan bangunan di seluruh dunia. Serta juga digunakan untuk mengajarkan pentingnya etika dalam merancang bangunan.

Wah, mudah-mudahan pihak terkait bisa menemukan penyebab robohnya lantai mezzanine BEI 2 ya. Semoga saja insiden serupa tidak terjadi lagi.

Bagikan: 573 kali