Rekaman video conference dari aplikasi Zoom bocor. Tapi jangan khawatir, masih ada banyak alternatif aplikasi lainnya!

video conference - Rumah123.com Rekan kerja sedang melakukan video conference karena kerja dari rumah - Rumah123.com

Semenjak virus corona atau COVID-19 masuk ke Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk masyarakat melakukan aktivitas dari rumah. Baik itu kerja, sekolah maupun ibadah. 

Karena hal ini, seluruh aktivitas pertemuan pun dilakukan secara online. Mulai dari meeting, kegiatan belajar mengajar guru dan murid, hingga ibadah massal pun dilakukan melalui video conference.

Aplikasi video conference Zoom adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk berinteraksi jarak jauh.

Walaupun banyak digunakan orang, sistem keamanan Zoom video conference masih lemah

Namun sayang, Zoom melakukan kesalahan fatal di tengah popularitasnya.

Dilansir dari Kumparan.com, pengguna mengeluhkan kemunculan hacker yang mengganggu jalannya video conference dengan mengirimkan konten porno dan ujaran kebencian yang meresahkan. 

The Washington Post juga ikut melaporkan video Zoom personal dapat diakses oleh orang asing. Video-video tersebut direkam menggunakan perangkat lunak Zoom itu sendiri dan disimpan ke sumber penyimpanan online terpisah. 

Video yang tersebar online itu termasuk percakapan pribadi antara orang-orang dan juga kelas TK online di mana wajah, suara dan nama siswa mudah diakses.

Ini disebabkan karena lemahnya sistem keamanan Zoom. Bahkan sang CEO, Eric Yuan, juga mengakui hal ini sebagai kesalahan perusahaan. 

Yuan menyebut bahwa perusahaan telah salah mengambil langkah saat mengembangkan aplikasinya. Ia mengaku bahwa pihaknya tidak memfokuskan layanannya pada keamanan pengguna.

Baca juga: Meeting Online Saat Kerja dari Rumah, Seperti Apa Etikanya? 

Alternatif aplikasi video conference lain sebagai pengganti Zoom

Walaupun sudah diakui oleh sang CEO, masalah keamanan pada Zoom masih membuat banyak orang khawatir.

Apabila kamu sedang mencari alternatif aplikasi video conference lainnya sebagai pengganti Zoom, bisa menggunakan sejumlah aplikasi di bawah ini:

Google Hangouts

google hangouts meet - Rumah123.com Google Hangouts Meet - Rumah123.com

Google memiliki aplikasi video call untuk meeting virtual bernama Google Hangouts Meet. Sejatinya, untuk menikmati fitur-fitur lengkap pada aplikasi ini, kamu harus membayar dan berlangganan.

Sedangkan untuk versi gratisnya, kamu hanya bisa menerima panggilan video dan tidak bisa melakukan panggilan.

Kabar baiknya, Google menggratiskan layanan premium Hangouts Meet hingga 1 Juli 2020 untuk mendukung para pekerja agar kerja dari rumah demi menghindari virus corona.

Google Hangouts Meet sendiri bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferensi. Sedangkan siaran langsung bisa ditonton hingga 100.000 penonton per satu domain.

WhatsApp

WhatsApp Group Video Call - Rumah123.com WhatsApp Group Video Call - Rumah123.com

Apabila kamu mau melakukan video call meeting dengan jumlah peserta kecil, maka aplikasi WhatsApp bisa menjadi solusi.

Fitur Group Video Call di WhatsApp ini sendiri sudah digulirkan sejak 2018 lalu. Untuk bisa melakukan group video call berempat dengan WhatsApp, lakukan dulu video call dengan salah satu orang.

Setelah tersambung, ketuk ikon kontak bertanda + di pojok kanan atas, dan pilih kontak yang ingin diajak bergabung dalam obrolan. 

Ketika sudah ada dua atau tiga orang masuk dalam satu obrolan, penerima video call selanjutnya bisa melihat foto profil dan nomor atau nama semua partisipan yang sudah bergabung.

Microsoft Teams

Microsoft Teams Meeting - Rumah123.com Microsoft Teams Meeting - Rumah123.com

Apabila perusahaan berlangganan Office 365 di setiap perangkat kerja karyawan, maka masing-masing karyawan bisa langsung menggunakan Microsoft Teams untuk melakukan panggilan video dalam grup.

Namun jika kantor tak berlangganan, kamu bisa mengunduh software dan aplikasi ini secara gratis. Sebab sejak bulan Maret, Microsoft meningkatkan batas pengguna pada versi gratis.

Tak hanya itu, perusahaan juga menawarkan trial secara cuma-cuma bagi yang ingin memanfaatkan software tersebut selama enam bulan.

Slack

Slack Video Group Call - Rumah123.com Slack Video Group Call - Rumah123.com

Slack adalah salah satu sarana komunikasi antar tim yang banyak digunakan oleh kantor-kantor startup. 

Software satu ini bisa digunakan untuk berkirim pesan realtime, juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam mengelola proyek, berbagi berkas, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim.

Fitur lengkap pada Slack bisa digunakan secara berbayar, begitu juga untuk melakukan sambungan video dengan banyak orang sekaligus.

Apabila kantormu sudah menggunakan Slack, tak perlu mencari alternatif lain untuk video call grup karena bisa memanfaatkan fitur ini pada Slack.

Facebook Messenger

Facebook Messenger Video Call - Rumah123.com Facebook Messenger Video Call - Rumah123.com

Facebook Messenger juga bisa menjadi opsi selanjutnya jika kamu mau melakukan video call grup dalam jumlah kecil.

Software satu ini hanya bisa menampung panggilan grup hingga 8 orang saja. Selain video call, kamu juga bisa mengirim pesan berupa teks, foto, atau video. 

Skype

Skype Video Call - Rumah123.com Skype Video Call - Rumah123.com

Skype juga terkenal akan fitur video call grup-nya yang bernama Meet Now sejak dulu.

Menariknya, fitur pada Skype sangat memudahkan banyak orang, bahkan tidak mengharuskan inisiator panggilan video untuk mendaftar dulu seperti aplikasi-aplikasi lain.

Aplikasi Skype memungkinkan 50 pengguna untuk bergabung sekaligus dalam sebuah sesi percakapan.

Panggilannya pun bisa dilakukan di berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, dan juga smartphone.

Cisco Webex

Cisco WebEx Meeting - Rumah123.com Cisco WebEx Meeting - Rumah123.com

Cisco, perusahaan bidang telekomunikasi asal Amerika Serikat juga memiliki aplikasi video call grup bernama WebEx.

Dibandingkan dengan aplikasi lain yang hanya mampu mengakomodir meeting di bawah puluhan orang, WebEx justru bisa menampung 100 orang di setiap meeting.

Menariknya lagi, Cisco Indonesia mengumumkan bahwa WebEx memberikan layanan gratis untuk pengguna baru dalam jangka waktu tertentu. 

Bagikan:
2315 kali