Restoran Ijen di Seminyak, Bali Menggunakan Material Daur Ulang dan Ingin Menjaga Kelestarian Lingkungan (Foto: Rumah123/Designboom/Potato Head)

Siapa bilang kalau orang Indonesia tidak bisa menerapkan gaya hidup ramah lingkungan? Restoran Ijen melakukannya dengan memanfaatkan material daur ulang.

Designboom mengutip bahwa restoran Ijen berada di kawasan Seminyak, Bali. Restoran ini merupakan bagian dari jaringan restoran Potao Head.

Tim in-house design Potato Head menerapkan filosofi zero-waste alias memanfaatkan sampah untuk didaur ulang. Perusahaan ingin melakukan hal yang berdampak minimal bagi planet dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Tips Desain: Memadukan Furnitur Denmark dengan Taman Jepang

Sejumlah material bekas dimanfaatkan. Daftar menu berasal dari kertas bekas, sementara papan dibuat dari ban bekas truk yang digunakan ulang.

Furnitur dibuat dengan memanfaatkan barang bekas dari motor yang sudah tidak terpakai dan juga kayu mersawa. Lantai dibuat dari campuran semen dan pecahan piring.

Sementara gelas dan tempat lilin dibuat dari botol wine yang sudah dipotong, lantas dikreasikan dengan memanfaatkan minyak yang sebelumnya digunakan untuk memasak.

Baca juga:  Bangunan yang Memadukan Kearifan Lokal Suku Sasak dan Konsep Ramah Lingkungan

Nggak hanya itu lho, Restoran Ijen juga menggunakan menggunakan teknik memasak yang bisa mengurangi pencemaran lingkungan. Kru restoran membagi sampah organik dan non organik dalam lima keranjang sampah berbeda.

Sisa makanan digunakan untuk makanan hewan atau dijadikan pupuk. Sisa ikan atau boga bahari (seafood) dibuat menjadi tepung untuk makanan hewan atau obat anti hama.

Sedangkan sisa sampah lainnya didaur ulang. Ada perusahaan manajemen pengolahan limbah yang melakukannya. Wow, keren banget kan?

Baca juga: Wow, Restoran Ini Aplikasikan Desain Interior dan Furnitur Warna Gelap

Bagikan: 908 kali