Ilustrasi Jalan Tol. Presiden Joko Widodo Sudah Meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang Pada Senin (13/05/2019). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa Mengharapkan Jalan Tol Ini Bisa Mengurangi Kemacetan Pada Jalur Surabaya Menuju Malang Hingga 70 Persen (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan tol Pandaan-Malang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (13/05/2019). Beroperasinya jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di akses dari Surabaya menuju Malang pada saat akhir pekan dan Lebaran.

Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 yaitu Pandaan-Singosari sepanjang 30,6 kilometer sudah resmi beroperasi. Sementara seksi 4-5 baru akan diresmikan pada November 2019 mendatang.

Namun, seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,7 kilometer akan dioperasikan secara fungsional atau sementara pada saat menjelang Idul Fitri 2019.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Kehadiran jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi potensi kemacetan yang terjadi pada jalur Surabaya-Malang terutama pada akhir pekan dan Lebaran.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa saat akhir pekan, musim liburan, dan Lebaran, tidak kurang dari 65 ribu kendaraan melintas dari Surabaya menuju Malang.

Bahkan, pada jam sibuk, kemacetan sudah terlihat di Pandaan yang berada di Kabupaten Pasuruan. Kebetulan, sejumlah obyek wisata juga berada di sekitar Pandaan seperti Taman Safari Indonesia 2.

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Masih Gratis Lho, Mau Lewat Sini Ga

“Dengan tol ini, kira-kira 70 persen akan terurai. Jadi kira-kira 40.000 kendaraan akan terurai melalui Tol Pandaan-Malang,” ujar Khofifah.

Buat kamu yang akan mudik ke Jawa Timur atau malah berlibur ke Malang pada libur Lebaran 2019 ini, jangan lupa untuk menggunakan jalan tol ini. Tidak ada lagi cerita macet saat menuju Malang.

Selain itu, kamu tidak tertarik untuk berinvestasi properti ke Malang? Kota ini tidak hanya menjadi kota peristirahatan lho, tetapi juga kota pelajar karena banyak perguruan tinggi negeri dan swasta berada.

Baca juga: Sistem Mana Yang Dipakai di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran: Ganjil Genap Atau One Way?

Pastinya banyak kebutuhan hunian atau usaha di sini. Yang paling utama biasanya kebutuhan hunian untuk mahasiswa mahasiswi yang nge-kost.

Kehadiran jalan tol Pandaan-Malang tentunya bisa mempermudah akses dari Surabaya atau kota lainnya menuju Malang. Yuk, investasi properti.

Bagikan: 1307 kali