Rumah minimalis sederhana kerap menjadi salah satu inspirasi terbaik untuk mewujudkan hunian bagi kaum milenial.

Tak hanya mengutamakan unsur fungsional, faktor estetika pun turut menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah rumah minimalis masa kini.

Konsep rumah minimalis sederhana bisa kamu tilik secara estetis melalui berbagai inspirasi, mulai media sosial sampai gambaran tersendiri.

Salah satu inspirasi rumah yang bisa kamu tilik adalah hunian minimalis milik Amalya pemilik akun Instagram @amalyahode yang berada di Bekasi, Jawa Barat

Seperti apa tema rumah minimalis sederhana terbaik untuk kaum milenial? Simak pembahasannya bersama-sama!

Rumah Minimalis Sederhana Hasil Renovasi Rumah BTN 

Rumah Minimalis Sederhana Sumber: Instagram.com/amalyahode

Perlu diketahui, jika rumah yang ditempati bersama keluarga kecilnya merupakan hasil dari renovasi rumah.

Amalya menjelaskan jika rumah ini diberikan oleh keluarga mertua namun dalam kondisi yang sangat polos namun perlu di renovasi.

“Beruntung kebetulan dikasih kemudahan untuk dikasih rumah, tapi masih polos banget dan biaya renovasinya pure dari kami sendiri” tambahnya.

Secara umum renovasi rumah minimalis sederhana yang dilakukan oleh Amalya dilakukan benar-benar dari awal bahkan seperti dari nol dan dibongkar total.

Pasalnya, Amalya juga menambahkan bahwa rumah BTN jadul jadi secara keseluruhan bangunan diubah total, mulai dari layout, dinding, struktur dan lainnya.

Total keseluruhan renovasi bangunan jika dipukul rata kurang lebih Rp2,5 juta per meter persegi, kurang lebih mencapai Rp150 juta.

Selanjutnya, untuk mengisi interior rumah membutuhkan biaya sekitar Rp65 juta, jika dikalkulasi hasil renovasi rumah ini kurang lebih Rp215 juta sampai bisa ditempati.

Konsep Rumah Minimalis Sederhana dengan Tema Hijau 

nuansa hijau rumah subsid Sumber: Instagram.com/amalyahode

Amalya menjelaskan pada awalnya secara keseluruhan rumah ini mengusung konsep minimalis green, yang notabene memiliki inspirasi dengan aksen hijau nan estetis.

Sentuhan minimalis green tersebut juga dipadukan secara menarik dengan unsur skandinavia supaya tampak hidup.

Dalam perjalanannya, “Rumah ini juga ingin memasukkan unsur nature namun juga berencana dirancang dengan tema urban jungle, dengan full tanaman” ujarnya saat dihubungi Tim Rumah123 (09/06/2021).

Sentuhan hijau tampak ditonjolkan pada seluruh sisi bangunan rumah, namun tetap mengutamakan inspirasi rumah minimalis.

Unsur hijau tidak hanya tampak pada sisi eksterior rumah saja, melainkan juga diaplikasikan secara estetis pada sisi interior.

Tampak Depan Rumah Minimalis Sederhana, Namun Berkelas 

rumah btn

Dari segi usia bangunan, rumah ini sudah ada sejak 1990-an, namun proses renovasi dilakukan secara final pada November 2019 silam.

Jika ditilik secara menyeluruh, revitalisasi bangunan tampak menjadi seperti rumah baru dan meninggalkan kesan rumah tua yang tak layak huni.

Meski biaya renovasi rumah minimalis sederhana ini cenderung terjangkau, namun hasilnya tampak sangat berkelas.

Kamu pun bisa melihat sisi eksterior bangunan yang terlihat berkelas dengan komposisi seimbang pada sisi tampak depan.

Tak hanya dari bentuk bangunannya saja, pemilihan warna dan aksen pagar bertekstur terang juga menghasilkan sentuhan rumah yang cantik dan berbeda.

Pada sisi depan rumah tampak jelas penggunaan kombinasi putih, abu-abu dan warna terakota yang sangat menarik.

Untuk mengalirkan udara dengan baik pada sisi teras depan rumah, penggunaan aksen roster depan pada sisi tembok pagar juga diaplikasikan secara menarik.

Amalya menjelaskan bahwa rumah ini terinspirasi dari pinterest dan berbagai akun Instagram decor yang ia ikuti, terlebih kesehariannya juga sebagai seorang arsitek.

Teras Depan Rumah dengan Sentuhan Alami 

Rumah Minimalis Sederhana Sumber : @amalyahode

Mempunyai unsur hijau yang sangat kuat, sentuhan rumah minimalis sederhana pada sisi tampak depan mengutamakan aspek hijau nan estetis.

Salah satu buktinya adalah pada sisi teras depan rumah minimalis dengan unsur tropis yang sangat kuat.

Pada sisi teras depan rumah tampak beberapa tanaman hijau yang tumbuh dengan cantik sehingga menghasilkan suasana rumah nan menyegarkan.

Tanaman seperti lee kuan yew, monstera dan kaktus pada sisi teras rumah tampak menghasilkan suasana yang asri dan sangat mudah dirawat. 

Pentingnya Taman pada Sebuah Rumah

Rumah Minimalis Sederhana Sumber : @amalyahode

Dalam wawancaranya bersama Tim Rumah123, Amalya juga menjelaskan jika keberadaan sebuah taman merupakan hal yang sangat penting.

“Dari awal sudah memastikan seberapapun luasan rumah harus ada taman di luar karena sangat berpengaruh terhadap suhu udara” jelasnya.

Tak hanya berpengaruh terhadap udara, visual taman dengan aksen hijau juga menghasilkan kesejukan yang baik.

Selain faktor kesejukan di depan rumah, taman tersebut juga menyambut tuan rumah, sehingga adanya taman maupun tanaman menjadi sangat penting.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang inspirasi rumah minimalis sederhana dengan aksen tropis yang bisa kamu tilik secara unik dan estetis.

Temukan referensi terbaik seputar inspirasi rumah idaman, selengkapnya di Rumah123.

"Ingin cari rumah idaman terbaik? Kamu bisa cek Serpong Natura City selengkapnya."

Bagikan:
1439 kali