OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Renovasi Rumah Tanpa Ribet

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Inge Mangkoe

Ketika ada niat untuk merenovasi rumah, yang terbayang pasti ribetnya karena proses yang rumit. Tak jarang juga masalah baru bermunculan selama proses renovasi sehingga biaya pun membengkak.

renovasi rumah - rumah123.com

Sebenarnya, renovasi rumah ga bakal jadi ribet jika melalui perencanaan yang matang sejak awal. Dengan menyusun rencana, kita bisa menghindari penghamburan uang yang sia-sia. Renovasi pun berjalan lancar sesuai keinginan.

Apa saja yang perlu kamu persiapkan ketika akan merenovasi rumah?

Baca juga: Rumah Tua, Dijual atau Direnovasi?

Pilih kontraktor yang tepat

Pertama, pilih kontraktor yang tepat. Kamu bisa mencarinya melalui internet. Dari situ, kamu bisa membandingkan harga dan pengalaman mereka. Putuskan yang terbaik dan paling cocok menurut kamu. Jika perlu, minta referensi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa kontraktor.

Tentukan bagian rumah yang mau diperbaiki

Hal kedua yang perlu kamu siapkan menentukan bagian rumah mana yang akan direnovasi. Apakah hanya sebagian, atau seluruhnya? Sebab, hal ini berkaitan perhitungan anggarannya.

Baca juga: Hati-Hati Minta Kredit Bank untuk Kekurangan Duit Renovasi

Menghitung anggaran

Menghitung anggaran dan kemampuan finansial menjadi hal ketiga yang harus kamu siapkan. Jika dari segi keuangan kamu sanggup melakukan renovasi, dan waktunya pun dianggap tepat, go ahead.

Akan tetapi, jika selisih budget dan kemampuan finansial sangat tipis, ada baiknya kamu pertimbangkan lagi matang-matang sebelum mengambil keputusan. Tambahkan sekitar 15-20 persen dari budget dasar untuk berjaga-jaga terjadi hal-hal tak terduga yang butuh biaya.

Mengurus surat izin renovasi

Lalu, yang keempat adalah surat izin renovasi. Ya, sebelum melakukan renovasi, kamu sebaiknya mengurus surat-surat dan keperluan legal. Jangan sampai proses renovasi terhambat atau batal gara-gara tidak mengantongi surat izin.


Tag: , , ,