Siapa bilang dana Rp 4 jutaan gak bisa digunakan untuk renovasi rumah? Ini buktinya!

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kebaikan, dan semua yang baik biasanya dimulai dari rumah. Mungkin hal ini pula yang mendasari kenapa banyak orang yang merenovasi rumahnya di bulan Ramadan. Tampilan rumah yang baru, bisa membawa menyegarkan hati dan pikiran, sehingga penghuninya pun terdorong untuk melakukan kebaikan.

Tapi sayangnya, biaya yang membengkak seringkali menjadi halangan bagi seseorang ketika mau merenovasi rumah. Inilah yang membuat banyak orang enggan melakukan renovasi rumah. Padahal, kamu bisa loh membuat tampilan baru di rumahmu dengan bujet yang minim. Bahkan kamu hanya memerlukan dana sekitar Rp 4 jutaan.

Penasaran gimana caranya? Tenang, Rumah123.com akan memberikan jawabannya padamu dalam artikel ini!

Ketahui dulu prioritasmu

Lantaran bujet terbatas, tentu kamu harus membuat daftar prioritas. Bedakan mana renovasi yang dilakukan berdasarkan kebutuhan atau keinginan. Kebutuhan misalnya seperti atap bocor atau lantai keramik pecah. Sedangkan keinginan, misalnya seperti mengubah tata ruang, atau mengganti suasana.

Nah, baik itu untuk perbaikan kerusakan maupun hanya untuk mempercantik tampilan, biasanya perbaikan-perbaikan kecil saat renovasi rumah, gak akan jauh dari sejumlah hal ini.

Baca juga: Daftar Harga Bahan Bangunan Terbaru 2019, Jangan Sampai Tertipu!

Perbaikan plafon

renovasi rumah - rumah123.com

Plafon atau langit-langit rumah, seringkali rusak akibat kebocoran atap. Bukan cuma menyebabkan rumah jadi tidak sedap dipandang, plafon yang rusak juga bisa membahayakan penghuni rumah. Belum lagi, ketika hujan datang, kamu sekeluarga akan pusing mengatasi setiap titik kebocoran di rumah. Kamu bisa menggunakan multipleks untuk menekan biaya.

Biaya renovasi plafon biasanya dihitung dengan satuan meter persegi. Misalnya plafon yang mau diganti 30 m2 dengan bahan multipleks. Ukuran standar multipleks per lembar adalah 3 m2. Untuk plafon 30 m2, berarti diperlukan sekitar 10 lembar multipleks. Harga multipleks dengan ketebalan 12 mm sekitar Rp 100 ribu per lembar. Jika dibutuhkan 10 lembar, berarti totalnya Rp 100 ribu x 10 = Rp 1.000.000.

Sedangkan biaya jasa tukang untuk memperbaiki plafon bisa mencapai Rp 200 ribu per hari. Umumnya dibutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk memperbaiki plafon.

Jadi, biaya yang dibutuhkan:

Harga bahan: Rp1.000.000

Biaya tukang: Rp600.000

Total biaya: Rp1.600.000

Pengecatan dinding

renovasi rumah - rumah123.com

Salah satu cara mudah untuk mengubah tampilan rumah adalah dengan mengecat dinding dengan warna lain. Kamu bisa mengecat seisi rumah, atau hanya beberapa ruangan yang akan disambangi tamu dengan satu cat warna atau lebih.

Biaya yang dibutuhkan:

Cat tembok 5 kg: Rp150.000

Cat tembok 25kg: Rp600.000

Peralatan cat (kuas, roller, dll): Rp200.000

Katakanlah kamu membutuhkan dua warna, maka total biayanya menjadi Rp950.000

Baca juga: Serba-Serbi Lantai Kayu: Kelebihan, Kekurangan, Hingga Harganya

Penggantian lantai

renovasi rumah - rumah123.com

Penggantian keramik lantai mungkin memang memakan cukup banyak biaya. Tapi jika kamu hanya mau mengganti lantai untuk memperbarui suasana, kamu cukup menambahkan lapisan vinyl bermotif pada lantaimu. Salah satu motif yang menciptakan kesan segar adalah motif kayu. Biar hemat, cukup lapisi lantai ruangan yang menurutmu penting saja.

Biaya yang dibutuhkan:

Harga lantai kayu vinyl sekitar Rp 130 ribu per m2 dengan harga pasang sekitar Rp35 ribu per m2. Apabila ukuran ruang tamu rumahmu sebesar 3 x 3 m, artinya biaya yang dibutuhkan adalah Rp1.500.000

Apabila kamu mau melakukan renovasi kecil seperti di atas, maka total biaya yang dibutuhkan adalah Rp4.050.000. Gimana? Dengan bujet tersebut, kamu sudah bisa memperbaiki rumahmu menjadi lebih nyaman dan segar. Dengan hati dan pikiran yang segar, terciptalah kebaikan. Karena kebaikan selalu #berawaldarirumah, yuk, mulai benahi rumahmu sekarang juga!

Bagikan: 2315 kali