Tak hanya piawai dalam berpolitik, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai jenius dalam dunia arsitektur dengan karya rumah botol miliknya. 

ridwan kamil

Menyambut kedatangan sang imam besar FPI, sang orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat tersebut berencana mengadakan kunjungan ke rumah Habib Rizieq Shihab.

Terdengar juga dari pemberitaan media, bahwa beliau berencana mengundang langsung tokoh yang cukup fenomenal itu langsung ke huniannya di Bandung.  

Uniknya Rumah Ridwan Kamil, Terbuat dari Barang Bekas

Puluhan karya bangunan yang dihasilkan oleh lulusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung tersebut memang sudah tak perlu diragukan lagi. 

Sebut saja dari Universitas Tarumanegara Kampus 1 di Jakarta, Masjid Suramadu di Madura, sampai Museum Tsunami Aceh-Rumoh Aceh adalah sekian dari kontribusi yang pernah melibatkannya. 

Termasuk juga rumah Ridwan Kamil yang ditempatinya bersama keluarga yang diberi nama “Bottle House” di Bandung. 

Seperti apa keunikan hunian sang gubernur? 

Silakan ditengok sendiri di bawah!

Fasad Kotak yang Modern dan Artsy 

ridwan kamil

Sebelum membahas mengenai seluk-beluk rumah Gubernur Jawa Barat yang penuh dengan inspirasi, kamu bakal dimanjakan dari tampak fasadnya yang memikat. 

Kombinasi arsitektur modern dari struktur berbentuk kotak yang tegas dengan flat roof sukses membuatnya jadi mencolok dari kejauhan. 

Belum lagi paduan warna coklat dan aksen tekstur dekorasi berwarna hitam yang memeluk “wajah” hunian sehingga menjadikannya semakin megah. 

Belum lagi menilik fakta bahwa rumah botol Ridwan Kamil ini sudah berdiri lebih dari 13 tahun sejak dibangun tahun 2007 silam. 

Terbuat Dari 30 Ribu Botol Plastik Bekas 

ridwan kamil

Memang tidak salah jika sebutan rumah “sampah” penuh manfaat disematkan ke bangunan yang satu ini. 

Sebab bahan bangunan utama yang dipakai bukanlah beton, bata, atau besi, melainkan botol plastik bekas. 

Iya, kamu tidak salah baca, beliau mengumpulkan sendiri total 30 ribu botol plastik bekas selama kurun waktu enam bulan lamanya dari berbagai tempat pembuangan sampah di sekitar Kota Bandung sampai Cirebon. 

Dengan material non konvensional ini tentunya dibutuhkan perawatan dan pengolahan yang sedikit berbeda. 

Namun ternyata pengolahannya sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. 

Ridwan Kamil mengakui bahwa dirinya hanya membersihkan botol dari kotoran satu tahun sekali dengan menggunakan semprotan air yang biasa ia gunakan untuk mencuci mobil. 

Rumah Botol Ridwan Kamil yang Ramah Lingkungan 

ridwan kamil

Tren eco-design memang sedang gencar-gencarnya digalakan di dunia arsitektur dan desain interior dalam satu dekade terakhir. 

Salah satu elemen yang paling penting dalam eco-design tentunya adalah penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan. 

Botol plastik yang kerap berakhir di tempat pembuangan sampah justru bisa dikreasikan oleh Ridwan Kamil menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat. 

Sehingga tidak kaget rasanya jika hunian miliknya berhasil menyabet anugerah rumah paling ramah lingkungan se-Asia di tahun 2009 silam. 

Pohon di Tengah Kolam Ikan Minimalis 

ridwan kamil

Banyak orang yang terkadang memusingkan ketersediaan lahan ketika ingin membangun fitur dekorasi outdoor seperti taman atau kolam ikan. 

Apalagi kalau bukan harus melalui tahapan awal untuk membersihkan lahan dari pepohonan atau kontur tanah yang kurang memadai. 

Dari tantangan itulah Ridwan Kamil justru mengubahnya menjadi ide menarik dan berhasil menciptakan kolam ikan minimalis dengan desain yang super memukau dan cerdik. 

Jika biasanya kolam ikan dibuat di halaman depan atau belakang, yang satu ini justru mengapung tinggi di lantai dua. 

Desain kolam ikan minimalis buatan pria kelahiran 4 Oktober 1971 tersebut dibuat tepat di tepi teras sehingga memberikan ilusi bak infinity pool yang menyatu dengan sekitarnya. 

Bukan hanya itu, konstruksi kolam dibuat mengelilingi sebuah pohon yang tumbuh dari halaman di bawahnya. 

Hasilnya adalah visual super menakjubkan yang bikin siapapun pasti ingin menirunya di rumah masing-masing. 

Temukan berbagai informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Golden Estesia!

Bagikan:
4458 kali