Rencana LRT (Light Rapid Transit) Beroperasi Harus Tertunda Lagi (Foto: Rumah123/LRT Jabodebek.com)

LRT (Light Rapid Transit) Jakarta kembali harus menunda rencana beroperasi. Sebelumnya, LRT berencana untuk beroperasi secara perdana pada 25 atau 28 Februari 2019.

Kompas.com melansir bahwa Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan LRT Jakarta fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome bakal beroperasi pada Maret 2019. Untuk kesekian kalinya, target operasi LRT kembali mundur.

LRT Jakarta fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome ini memiliki panjang rute 5,8 kilometer. Rute ini akan berhenti di enam stasiun. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membangun LRT tahap pertama ini.

Baca juga: Pagar Proyek LRT Amblas, Menara Saidah Bakal Semakin Miring?

Sebelumnya, LRT ini dijadwalkan beroperasi sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada Agustus 2018 lalu. Namun, LRT belum bisa beroperasi.

Jakpro sempat memperkirakan kalau LRT dapat beroperasi penuh pada Desember 2018. Tetapi, LRT memang belum bisa beroperasi seperti yang diharapkan.

Selanjutnya, pengelola kembali menargetkan kalau LRT akan beroperasi pada 25 atau 28 Februari 2019. Apalagi pengerjaan stasiun, depo, dan lainnya sudah mencapai di atas 90 persen. Hanya saja, operasional LRT kembali mundur dari jadwal.

Baca juga: Sering Macet Panjang, Pembangunan LRT dan Kereta Cepat Disetop Sementara

“Insya Allah akhir Maret selesai. Karena bagian sinyal dan depo itu yang belum selesai, akhir Maret baru dioperasikan. Tidak ada kendala lain. Jadi kita tunggu konstruksi berkaitan dengan sinyal dan depo selesai,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan Jakpro mengenai semua hal mulai dari penyelesaian konstruksi, rencana sertifikasi, izin usaha, izin operasi, subsidi, penetepan tarif, dan lainnya. Jika semua berjalan lancar maka LRT bisa beroperasi secara komersial pada 18 Maret 2019.

Hmm, memang tidak mudah untuk mengoperasikan transportasi massal ya. Kamu pastinya senewen karena menanti lebih lama. Sabar ya gaes, beberapa pekan lagi kamu bakalan bisa posting di sosial media kamu kalau sudah merasakan naik LRT.

Baca juga: Tarif LRT Dibanderol Rp12 Ribu, Ga Bikin Kantong Jebol Kan

Bagikan: 860 kali