OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Reklamasi Proyek CPI Sebagian untuk Fasilitas Publik

12 Oktober 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

 

Concept of construction and design. 3d render of blueprints and designer tools on the panorama of construction site.

Beberapa waktu lalu, KSO Ciputra Yasmin dan PT Boskalis Internasional Indonesia menandatangani kontrak kerja sama Reklamasi Proyek Centre Point of Indonesia (CPI)- Makassar.

PT Boskalis Internasional Indonesia adalah pemenang tender di antara enam kontraktor lainnya. Jangka waktu pelaksanaan kontrak adalah 24 bulan sejak penandatanganan, sehingga pekerjaan tersebut diharapkan rampung pada Maret 2018.

Secara hukum, KSO Ciputra Yasmin hanya berkewajiban menimbun dan membentuk lahan reklamasi saja. Namun, khusus di lokasi ini akan dibuatkan pantai buatan dari pasir putih yang dilengkapi berbagai fasilitas umum.

Fasilitas tersebut berupa: tempat parkir, toilet, mushala, fasilitas jajan kaki lima, kursi taman, lansekap yang menarik, sebagai persembahan khusus KSO Ciputra Yasmin bagi masyarakat setempat.

Pengerjaan Pantai Pasir Putih sepanjang 350 meter tersebut akan diselesaikan dalam tahun ini juga. Begitu selesai, langsung diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu fasilitas publik yang baru.

Nilai Investasi Proyek CPI – Makassar  pada Tahap Perta ma ini adalah sekitar Rp 2,5 triliun. Biaya tersebut  terdiri atas biaya reklamasi.

Baik biaya reklamasi yang akan dikerjakan oleh Kontraktor Internasional PT Boskalis Internasional Indonesia maupun yang telah dan akan dikerjakan oleh Kontraktor Lokal. Termasuk di dalamnya fasilitas infrastruktur yakni jalan, jembatan, saluran, lansekap, serta utilitas yang ada di atasnya.

Baca juga: Reklamasi Proyek CPI Makassar Resmi Dilaksanakan

Kontraktor pelaksana untuk reklamasi offshore ini adalah PT Boskalis Internasional Indonesia. Boskalis adalah Kontraktor asal Belanda yang berdiri sejak 1910 dengan nama Royal Boskalis Westminster.

Kontraktor tersebut  telah menjadi perusahaan publik pada 1970. Kontraktor yang sangat berpengalaman di bidang reklamasi ini telah melaksanakan berbagai proyek reklamasi di mancanegara, antara lain: Reklamasi di Tuas–Singapore, Hongkong Airport, Punta Pacifica–Panama City, Vilufushi–Maldives, Rotterdam Harbour Port Extension, Financial Harbour di Bahrain.

Konsultan Supervisi yang akan mengawasi pekerjaan PT Boskalis Inetrnasional Indonesia adalah PT Witteveen Bos Indonesia, yaitu konsultan reklamasi yang juga berasal dari Belanda dan sangat berpengalaman di bidang reklamasi sejak 1946.

Konsultan tersebut telah berada di Indonesia sejak 1973. Pada awalnya mereka adalah bagian dari konsorsium Konsultan Belanda dengan nama Nedeco.

Di tingkat Internasional, Witteveen + Bos telah dikenal luas sebagai konsultan yang ahli di bidang reklamasi. Beberapa proyek yang pernah didesain dan disupervisi di Indonesia antara lain Reklamasi: Pantai Ancol, Pantai Indah Kapuk, Kapuk Naga Indah, Pantai Mutiara Pulau H, yang kesemuanya terletak di Pantai Utara Jakarta.

Selanjutnya, sebagai Konsultan Desain Reklamasi Tangerang International City dan beberapa proyek reklamasi di Balikpapan, serta Gresik, Jawa Timur.


Tag: , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA