rea group- rumah123.com Ilustrasi Kesepakatan Bisnis. REA Group (Australia) dan 99.co (Singapura) Sepakat untuk Menjalin Kerja Sama dengan Membentuk Perusahaan Joint Venture Marketplace Terbesar di Indonesia dan Singapura. REA Group Merupakan Perusahaan Induk dari Situs Properti Rumah123.com (Foto: Rumah123/Getty Images).

REA Group dan 99.co telah menemui kesepakatan untuk melakukan joint venture. Kesepakatan ini akan menjadikan korporasi marketplace terbesar di Singapura dan Indonesia.

Dua perusahaan yaitu REA Group (Australia) dan 99.co (Singapura) mengumumkan telah mencapai kata sepakat untuk mendirikan perusahaan joint venture. REA Group merupakan perusahaan induk yang memiliki situs properti Rumah123.com.

Perusahaan joint venture ini akan menyediakan layanan terbaik kepada konsumen pencari properti dan para pelaku industri dengan memberikan platform layanan digital untuk mengembangkan bisnis mereka dengan menggabungkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh REA Group dengan keahlian bisnis dari 99.co.

REA Group dan 99.co Menggabungkan Dua Kekuatan Untuk Pasar Properti Indonesia dan Singapura

Marketplace Singapura siap untuk disrupsi. Para customer dalam pasar ini ingin mitra industri yang sesungguhnya yang bisa memberikan produk dan pengalaman kelas dunia,” ujar CEO REA Group Owen Wilson seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima dari REA Group.

“Bergabungnya kekuatan dengan 99.co menciptakan keunggulan dan kehadiran kami dalam pasar ini terkait customer dan listing,” lanjutnya.

Owen melanjutkan dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki di negara-negara lain membuktikan kalau kedua perusahaan merupakan pemimpin pasar. Hal ini menjadi kesempatan yang luar biasa untuk meningkatkan market share dalam pertumbuhan pasar yang terus meningkat. Seperti diketahui, REA Group merupakan pemimpin pasar properti di Australia dan Asia Tenggara

Baca juga: REA Group Berkolaborasi dengan Palang Merah Internasional untuk Misi Kemanusiaan

Sementara itu, 99.co berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Co-fonder 99.co Darius Cheung mendirikan perusahaan ini pada 2014. 99.co berkembang dalam hal total pengguna sebesar 32 kali lipat dalam dua tahun terakhir.

“Dalam dua tahun terakhir, kami kagum dengan inovasi dan kecepatan yang dilakukan oleh Darius dan timnya berikan kepada marketplace yang mereka layani,” kata Chief Strategy Officer dan CEO Asia REA Group Henry Ruiz.

“Kombinasi yang impresif dari talenta tim kami, beragam teknologi terbaik, keahlian digital dan hubungan dengan customer akan memberikan dorongan agar kami bisa berkompetisi dan memenangkannya di Singapura dan Indonesia,” lanjut Ruiz.

Baca juga: REA Group Tunjuk Pakar Consumer Experience Sebagai CEO ASIA

Kerja sama ini juga disambut baik oleh 99.co. CEO 99.co Darius Cheung memberikan apresiasi terhadap kesepakatan joint venture ini.

“Kesempatan yang benar-benar luar biasa untuk bergabung dengan kekuatan tingkat dunia seperti REA Group, perusahaan yang juga berbagi pendekatan yang menekankan dan tertuju pada customer,” tutur Cheung.

“Perusahaan joint venture ini mengarahkan kami untuk menciptakan tempat nomor satu bagi para pencari properti di Singapura dan Indonesia dan akan memberikan nilai terbaik bagi pelaku profesional di industri properti,” ujar Cheung lagi.

REA Group Menjadi Pemegang Saham Terbesar

Dalam komposisi saham perusahaan joint venture ini, REA Group menjadi pemegang saham terbesar dengan 27 persen. REA Group juga akan berkontribusi dalam dana operasional perusahaan sebesar USD 8 juta (Rp113,4 miliar).

Sisa saham sebesar 73 persen dimiliki oleh sejumlah pihak. Pemilik perusahaan joint venture lainnya adalah Sequoia, co-founder Facebook Eduardo Saverin, Allianz X, MindWorks Ventures, East Ventures, dan 500 startups. Beberapa pemegang saham ini juga berinvestasi di 99.co.

Pendirian perusaahaan joint venture ini dilakukan dengan melakukan pengalihan bisnis kedua grup yang berada di Singapura dan Indonesia. Cheung akan menjadi CEO perusahaan joint venture, sementara Ruiz dan juga Chief Financial Officer REA Group Janelle Hopkins menjadi non-executive board director.

Baca juga: REA Group, Induk Rumah123, Masuk Daftar 10 Portal Properti Global Paling Disorot Sepanjang 2017

Sekedar informasi, REA Group merupakan perusahaan yang tercatat di bursa efek Australia. REA Group mengelola sejumlah perusahaan laman properti di Australia, Malaysia, Hong Kong, Indonesia, Singapura, China, Thailand, hingga India. REA Group berkantor pusat di Melbourne, Australia.

Sementara 99.co berkantor pusat di Singapura. Perusahaan ini tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. 99.co mengelola perusahaan situs properti di Singapura dan Indonesia.

Bagikan: 1034 kali