OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Rawat Rumput di Halaman Anda!

12 Oktober 2023 · 2 min read Author: Dyah Saraswati

iStock_000068336173_Large

Rumput yang hijau terawat di halaman rumah memang dapat menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Namun terkadang rumput pada halaman seringkali terbengkalai, terlebih ketika musim kemarau tiba.

Saat itu, rumput yang terbengkalai seringkali berubah menguning bahkan kecoklatan. Padahal, rumput di halaman yang tumbuh hijau bisa menambah keindahan rumah. Berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk merawat rumput seperti dikutip dari tipsrumah.com:

Pupuk

Setelah ditanam, rumput juga butuh diberi pupuk secara teratur. Siangi gulma secara berkala supaya tidak tumbuh subur dan malah menutupi rumput. Jika gulma sudah terlalu banyak, maka akan lebih sulit menyianginya.

Pupuklah rumput secara rutin satu kali dalam sebulan dengan pupuk NPK atau kompos. Bila Anda memiliki rumput Jepang yang halus, kebutuhan pupuknya lebih banyak daripada rumput gajah. Rumput Jepang membutuhkan pupuk sebanyak dua kali sebulan.

Baca juga: Manfaat Taman Belakang Rumah

Sinar Matahari

Dalam pertumbuhannya, rumput membutuhkan sinar matahari langsung. Bila di halaman rumah Anda sinar matahari terhalang oleh atap, dinding atau pohon, kemungkinan rumput akan sukar untuk tumbuh subur.

Pun ketika musim kemarau, rumput tetap membutuhkan sinar matahari langsung. Saat musim kemarau, rumput memang bisa mati kekeringan bila kekurangan air atau bila suhu terlalu terik sehingga air menguap  sangat cepat.

Untuk menyiasatinya, selama musim kemarau siramlah rumput minimal dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Hindari juga untuk memangkas rumput terlalu pendek selama musim kemarau. Sisakan panjang rumput sekitar 5-10 cm jika ingin memotong.

Baca juga: Warna-warna yang Bikin Tidur Anda Nyaman

Hal ini bisa meminimalisasi penguapan air berlebih dari dalam tanah. Dengan demikian media tanam rumput di halaman pun tidak kering, tetap lembab, dan rumput tetap tampak rapi. (Ing)


Tag: , , , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA