Walaupun sudah dilindungi masker, virus corona bisa menyebar melalui mata - Rumah123.com Walaupun sudah dilindungi masker, virus corona bisa menyebar melalui mata - Rumah123.com

Coronavirus atau virus corona yang sedang meresahkan dunia dipercaya oleh para ilmuwan berpotensi besar menular lewat batuk atau bersin orang yang terinfeksi. Namun baru-baru ini, seorang pakar medis asal China, Wang Guangfa, memiliki hipotesis lain bahwa virus ini dapat menular melalui mata. Dilansir dari South China Morning Post (SCMP) kasus penularan Novel coronavirus melalui mata pertama kalinya menimpa Wang Guangfa. Ia diduga terpapar virus corona saat mengunjungi Wuhan dua pekan sebelumnya. 

Pada saat kejadian, Wang Guangfa mengenakan masker N95 dan pakaian pelindung, namun ia tak mengenakan pelindung mata. Ketika kembali ke Beijing, mata kirinya memerah, dan mulai terserang demam dan radang selaput lendir yang parah beberapa jam kemudian. 

Awalnya ilmuwan satu ini menyangka dirinya hanya terserang flu biasa. Tapi setelah melakukan serangkaian perawatan flu biasa, ia terus-terusan menderita demam intermiten. Wang pun memutuskan untuk mengikuti serangkaian tes, dan hasilnya, ia positif terinfeksi virus corona. Wang kemudian berasumsi bahwa salah satu penularan virus corona adalah melalui mata. 

Asumsi Wang ditindaklanjuti oleh pakar dari Komisi Kesehatan Nasional China Li Lanjuang. Ia mengatakan bahwa hal tersebut sangat mungkin terjadi. Virus bisa masuk ke mata dengan sentuhan tangan yang terinfeksi. Ia juga menyarankan para petugas medis untuk memakai kaca mata pelindung ketika menangani penderita novel coronavirus secara langsung. 

Baca juga: Dampak Virus Corona Novel, Sejumlah Kota Ditutup, Wuhan Seperti Kota Hantu

Fakta mengenai virus corona

Virus ini muncul di Wuhan, China. Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei. Kota ini memiliki 11 juta penduduk. Wuhan merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak ketujuh di China. Wabah pneumonia ini pertama kali terdeteksi pada Minggu (5/1/2020). Sebanyak 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di Wuhan mengalami gejala pneumonia.

Virus corona telah menyebar ke beberapa negara seperti Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Penyebaran Coronavirus dikhawatirkan akan semakin menjadi. Pasalnya, banyak turis asal China yang berwisata ke luar negeri untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Cara mencegah tertular virus corona

Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terpapar dari virus corona adalah beberapa langkah berikut ini:

- Jaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung, mata, dan setelah memegang sesuatu di tempat umum

- Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, paling tidak selama 20 detik, lalu bilas

- Gunakan handuk atau tisu sekali pakai saat mengeringkan tangan

- Apabila tidak ada fasilitas untuk cuci tangan, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70-80 persen

- Tutup mulut ketika batuk dan bersin

- Jika gejala gangguan pernapasan mulai muncul, segera berobat ke dokter

- Gunakan masker saat mengunjungi fasilitas kesehatan.

Bagikan:
3069 kali