Ilustrasi  (Rumah123/Apartment Therapy)
 

Berapa jumlah pakaian yang ada di lemari? Apakah kamu berencana membeli lemari lagi, padahal kamu juga lebih memilih memakai baju baru dibeli ketimbang baju lama.

Berapa jumlah sepatu dan sandal kamu? Sepatu dan sandal bertumpukan di rak sehingga kamu kesulitan mencarinya saat ingin berangkat kerja?

Baca juga: Mau Punya Anak yang Sukses? Suruh Mereka Ikut Membersihkan Rumah

Lantas bagaimana juga dengan jumlah tas? Begitu juga dengan koleksi buku dan majalah yang ada di rumah kamu? Sudah berapa banyak semuanya?

Jika sudah terlalu banyak, kenapa kamu tidak berusaha menyumbangkannya kepada orang lain. Mumpung bulan baik, Ramadan, mendingan kamu berbagi.

Baca juga: Ada Saku di Dinding Ruangan? Wah, Cara Kreatif Bikin Tempat Penyimpanan Nih

Kamu harus menyortir pakaian apa saja yang bakal kamu pakai setiap hari. Hal yang sama berlaku untuk pasangan dan anak-anak kamu. Sisihkan pakaian yang ingin kamu pakai, sortir pakaian layak pakai yang ingin disumbangkan, serta buang pakaian yang sudah usang.

Kamu bisa memberikannya kepada orang lain, mungkin kepada tetangga atau kerabat yang kurang beruntung. Baju lama kamu bakal menjadi baju baru bagi mereka.

Baca juga: Bikin Ruang Tamu Nyaman Biar Tambah Betah

Khusus pakaian anak-anak kamu, biasanya anak berganti pakaian setiap waktu. Mereka cepat bertambah besar dan tinggi. Kamu pasti selalu membelikan yang baru. Kamu dapat menyumbangkan pakaian anak secara rutin ke panti asuhan terdekat.

Untuk sepatu dan sandal, kamu bisa melakukan hal yang sama. Sisihkan sepatu dan sandal yang ingin kamu pakai, serta bersihkan sepatu dan sandal yang bakal kamu sumbangkan.

Baca juga: Ssstt, Ini Lho Cara Merapikan Lemari Pakaian Anak

Bagaimana dengan tas? Kalau kamu kolektor tas, mendingan kamu melakukan garage sale karena belum tentu orang suka dengan tas meski kamu memberikannya.

Kalau buku dan majalah malah ini lebih mudah. Mau mendapatkan amal, ya bikin saja perpustakaan. Anak-anak yang kurang beruntung bisa membaca dengan gratis. Tapi, kalau kamu gak mau ribet, sumbangkan saja ke sekolah atau perpustakaan umum.

Bagikan: 493 kali