Foto: Rumah123/Getty
 

Bulan puasa, waktunya mengendalikan diri. Masuk akal kan kalau kamu bisa ngirit pengeluaran. Pasalnya, kan gak ada alokasi duit buat merokok dan makan siang. Alhasil, duit yang biasanya buat kedua keperluan itu bisa dimasukkan ke dalam tabungan buat beli rumah. Nambah sedikit deh tabungan kamu. Tapi, kalau sebaliknya, yakni hari-hari puasa semakin tambah pengeluaran, wah ada yang salah tuh kayaknya dengan perilaku kamu.

Perencana keuangan dari Finansia Consulting, Eko Endarto, seperti dikutip finance.detik.com, Jumat (11-5-2018), menyarankan agar kamu bikin anggaran gambaran selama bulan puasa.

"Jadi kira-kira begini, ketika saya nanti puasa, apa saja yang bisa dikurangi. Misalnya bagi perokok, kan berarti rokok siang sudah nggak ada. Terus jajan sore nggak ada. Nah, cobalah angka-angka yang bisa dikurangi itu disisihkan dulu setiap hari," kata Eko.

Baca juga: 7 Cara Ngirit Abis Agar Duit Ngumpul Buat Beli Rumah!

Udah gitu, saat buka puasa, kamu jangan lapar dan haus mata. Ina-ini dibeli, gak tahunya baru makan sedikit perut udah kekenyangan karena orang yang berpuasa kan biasanya gitu. Kalau banyak makanan dan minuman yang dibeli hanya karena ingin, maka bisa jadi boros deh kamu.

Pokoknya, jangan serakah dan rakus, semuanya pengen dimakan saat berbuka. Bablas, hilang kendali. “Padahal, puasa itu ajang menahan diri, bukan untuk balas dendam," kata Eko mengingatkan.

Baca juga: Puasa Belanja Setahun Bisa Bikin Kamu Jujur pada Kebutuhan

"Cuma masalahnya kita sering seperti itu, sahurnya dibuat lebih spesial, dan berbukanya juga dibuat lebih spesial. Akhirnya, anggaran yang seharusnya sama seperti hari biasa, malah jadinya lebih besar,” kata Eko.

Nah, supaya simpanan kamu khusus buat beli rumah jadi lebih cepat terkumpulnya, maka kamu harus bisa irit menjaga kondisi keuangan. Kalau dapat bonus semacam THR (Tunjangan Hari Raya) masukkan juga ke tabungan khusus beli rumah. Dengan gitu, tambah cepet deh rumah impian kamu kebeli!

Bagikan: 984 kali