Dubai, Uni Emirat Arab (Rumah123/The Telegraph)

Tidak terasa kalau umat Muslim sudah menjalani puasa di bulan Ramadan selama lebih dari dua pekan. Apa yang dikhawatirkan oleh para agen properti sepertinya tidak menjadi kenyataan.

Mereka mengkhawatirkan akan terjadi penurunan jumlah pembelian selama bulan Ramadan. Sebelumnya, terjadi kenaikan hingga 45 persen dalam transaksi pembelian properti di Dubai, Uni Emirat Arab pada kuarter pertama 2017.

Baca juga: Lahan Makin Sempit? Bikin Aja Perumahan Terapung!

Jumlah itu lebih tinggi dari kuarter yang sama pada tahun lalu. Laman marketplace hunian ternama di Uni Emirat Arab, Propertyfinder Group melansir hal tersebut.

Sebelumnya, diperkirakan kalau banyak industri akan mengalami perlambatan selama bulan Ramadan. Biasanya, kantor-kantor akan memperpendek jam kerja dan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Baca juga: Harga Properti Selangit, Banyak Pasangan di Hong Kong Tunda Memiliki Anak atau Menikah

Tetapi, Propertyfinder Group melansir data selama beberapa tahun terakhir kalau kegiatan terkait properti terutama pencaian proyek hunian daring atau online tetap stabil.

“Banyak yang beranggapan kalau ini akan menjadi periode yang sepi, tetapi pencarian online dan keingintahuan lewat situs propertyfinder menandakan kalau yang terjadi malah sebaliknya,” ujar Chief Commercial Officer Propertyfinder, Lukman Hajje seperti dikutip oleh laman properti Mansion Global.

Baca juga: “Sarang Nyamuk” Seluas 12 Meter Persegi, Mau Tinggal di Sini?

Transaksi properti di Dubai mencapai puncaknya pada Januari dan Februari dengan permintaan pencarian harian mencapai 11 persen hingga 23 persen di atas rata-rata.

Aktivitas pencarian daring ini menurun saat memasuki bulan April hingga Juli. Saat itu, temperatur Dubai mencapai 49 derajat Celsius. Bayangkan betapa panasnya, rata-rata suhu Indonesia masih berkisar 30-an derajat Celsius.

Baca juga: Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

Tingkat pencarian properti secara online naik lagi pada Agustus sebelum anak-anak masuk sekolah. Tetapi, bulan Ramadan tidak mengubah pola tahunan dan kebiasaan para pencari rumah meski cuaca panas.

Malah, adanya Ramadan malah menambah waktu pencarian properti. Orang yang berpuasa harus menahan lapar dan dahaga serta beradaptasi dengan cuaca panas Dubai.

Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

“Mereka malah memiliki waktu lebih untuk mencari secara online. Konsumen menghabiskan waktu lebih banyak dan lebih banyak lagi dengan berselancar di dunia maya melalui smartphone, tablet, laptop, komputer, bahkan Smart TV,” kata Hajje lagi.

Hmm, kira-kira saat puasa bulan Ramadan ini kamu masih semangat nggak ya mencari properti impian kamu? Ayo, generasi milenial jangan malas dong untuk berselancar di dunia maya buat cari rumah atau apartemen!

Bagikan: 1702 kali