raja terkaya di dunia

Raja Thailand diklaim sebagai raja terkaya di dunia, namun belakangan Raja atau Sultan Brunei pun memiliki kekayaan yang tidak main-main. 

Dalam sebuah sistem monarki absolut, kedudukan seorang raja menjadi yang tertinggi dan memegang kekuasaan serta memiliki otoritas atas segala hal.

Dahulu, mungkin banyak negara yang menganut sistem monarki absolut seperti itu. Tetapi kini, hanya beberapa negara saja yang menerapkan seperti Thailand dan Brunei Darussalam.

Meski, belakangan saat ini, negara kerajaan sudah menjadi monarki konstitusional alias tidak lagi menjadi monarki absolut.

Umumnya, gelar Raja akan diwariskan kepada penerusnya, atau turun temurun, sesuai dengan keinginan sang raja, dan hal ini sah dilakukan.

Sebagai seorang raja, bukan tidak mungkin bahwa mereka memiliki kekayaan yang begitu berlimpah, yang berasal dari berbagai sumber.

Dilansir dari berbagai sumber, Raja Thailand diklaim sebagai raja dengan kekayaan terbanyak di dunia.

Lalu, bagaimana dengan Raja atau Sultan Brunei Darussalam, mana yang lebih kaya? Wow, kelas sultan bersaing ya.

Raja Terkaya di Dunia, Raja Thailand Atau Raja Brunei Darussalam?

raja terkaya di dunia

1. Raja Thailand

Menurut versi Richest Jets, Raja Thailand Maha Vajialongkorn dinobatkan sebagai raja terkaya di dunia pada 2021.

Raja Maha Vajiralongkorn menjadi putra mahkota oleh ayahnya pada tahun 1972 ketika ia berusia 20 tahun, dan langsung menggantikan ayahnya ketika meninggal pada 13 Oktober 2016.

Sumber kekayaan Raja Thailand berasal dari investasi yang diperoleh dari Biro Properti Mahkota, pengelola resmi properti yang dimiliki di Kerajaan Thailand.

Raja yang lahir pada 28 Juli 1952 ini memiliki kekayaan bersih senilai 30 miliar dolar AS atau setara dengan Rp427, 9 triliun.

Atas kekayaan tersebut Raja Thailand disebut sebagai raya terkaya di dunia. Sultan di antara para sultan ya.

raja terkaya di dunia

2. Raja Brunei Darussalam

Menempati urutan kedua, Sultan Hassanal Bolkiah telah dikenal sebagai salah satu raja terkaya di dunia, setelah Maha Vajiralongkorn.

Selama memerintah selama 52 tahun, penguasa Brunei Darussalam ini memiliki harta kekayaan yang berlimpah, bahkan tidak habis 7 turunan.

Sebut saja, bisnis ekspor minyak dan gas alam dan beberapa aset properti dan lainnya. Namun, bisnis minyak memang menjadi sumber utama.

Aset properti di 9 hotel Eropa dan Amerika, The Dorchester dan 45 Park Lane di London, The Beverly Hills Hotel di California, Coworth Park di Britania Raya dan lainnya.

Total kekayaan bersih Raja Brunei Darussalam ditaksir sekitar USD28 miliar atau setara dengan Rp411 triliun.

Waw, kekayaan para raja terkaya di dunia ini tidak kalah dengan para konglomerat di dunia ya. Kalau di Indonesia, raja lokal kaya gak sih?

Rumah123.com pernah membahas mengenai 10 kota terkaya di Indonesia, lokasi tempat tinggal para sultan lokal.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Premier Terrrace.

Bagikan:
343 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia