bisnis modal kecil- Rumah123.com Ilustrasi Wirausaha. Banyak Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dilakukan Dari Rumah. Dana yang Digunakan Tidak Terlalu Banyak, Sebagian Malah Menggunakan Keahlian (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada beragam bisnis modal kecil yang bisa dilakukan di rumah. Saatnya untuk memulai wirausaha tanpa memerlukan dana yang besar.

Banyak yang ingin memulai bisnis atau wirausaha. Ada banyak alasan kenapa orang ingin memiliki usaha kecil-kecilan atau bisnis modal kecil di rumah.

Ada yang ingin memiliki penghasilan tambahan, ingin mempunyai kesibukan terutama bagi stay at home mom alias ibu rumah tangga, ingin pensiun dini, atau untuk persiapan pensiun kelak.

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan Selama Ramadan Ini Bisa Jadi Solusi Tabungan DP Rumah

Apa pun alasannya, biasanya hal yang menghalangi pebisnis pemula adalah masalah modal. “Apakah bisa memulai bisnis modal kecil?”

Sebenarnya, ada sejumlah bisnis modal kecil yang dapat dilakukan. Coba tengok saja tetangga, kerabat, atau teman, pasti sudah ada yang memulainya.

Beberapa bisnis bisa dilakukan dengan modal kecil, malah ada yang dapat dilakukan berdasarkan keahlian. Tentunya yang pertama kali kamu lakukan melakukan riset melalui internet dan berdiskusi dengan orang terdekat sebelum memulai bisnis.

Menjadi Agen Pembayaran Resmi

Pasti kamu pernah melihat gerai agen pembayaran resmi atau PPOB (Payment Point Online Banking) di sebuah rumah. Dia menawarkan jasa pembayaran tagihan listrik, PAM, televisi berlangganan, kredit motor, kredit, tagihan internet, tagihan telepon, tagihan BPJS, membeli tiket kereta api, dan masih banyak lagi.

Menjual Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Saat ini kebutuhan orang adalah pangan, sandang, papan, dan kuota internet. Sepertinya orang bisa senewen ketika kuota internetnya habis. Walaupun banyak orang yang membuka gerai pulsa elektrik, tetap banyak orang yang membeli. Bisnis ini tidak membutuhkan modal banyak kecuali smartphone. Usahakan agar konsumen bisa mengisi pulsa dari semua provider telekomunikasi.

Menjual Minuman Atau Jus

Bisnis ini juga tidak membutuhkan biaya besar kecuali blender sebagai peralatan utama. Kamu bisa menjual beragam jenis minuman dari yang panas seperti kopi atau teh, hingga minuman dingin seperti milkshake dan juga jus.

Membuka Warung Makan

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan sarapan pagi seperti nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, dan sejenisnya. Saat pagi, biasanya orang sibuk dan tidak sempat memasak, sementara mereka harus pergi ke kantor dan mengantarkan anak ke sekolah. Kalau bisnis kamu sudah lancar, tidak ada salahnya membuka warung saat sore hari, banyak working mom atau wanita pekerja yang tidak sempat memasak untuk keluarganya.

Membuka Usaha Laundry

Mesin cuci menganggur? Manfaatkan saja untuk membuka usaha laundry di rumah. Banyak orang yang tidak memiliki asisten rumah tangga (ART) atau anak kost, mereka sering kali tidak sempat untuk mencuci. Coba tawarkan jasa laundry. Setelah berkembang, barulah kamu membeli mesin cuci dan pengering dengan kapasitas besar.

Menawarkan Jasa Les Privat

Banyak orang tua yang ingin putra putrinya memiliki nilai bagus di sekolah atau merasa anak-anaknya ketinggalan pelajaran, mereka akan mencari les baik privat atau berkelompok. Kamu bisa menawarkan les privat atau berkelompok kepada sejumlah anak-anak di lingkungan sekitar. Orang tua biasanya senang kalau tempat les tidak jauh dari rumah.

Membuka Usaha Cemilan, Kue, Atau Gorengan

Kamu bisa membuat kue, cemilan, dan gorengan, kenapa tidak menjadikannya sebagai penghasilan tambahan? Banyak orang yang sarapan pagi dengan menyantap penganan seperti kue. Kamu bisa menitipkan kepada tetangga yang berjualan atau memiliki warung. Selain itu, kamu bisa menawarkan kepada tetangga, kerabat, atau teman yang ingin mengadakan arisan atau acara lain.

Memulai Usaha Pernak Pernik

Kalau tangan kamu memang terampil dan hobi untuk membuat prakarya, kerajinan tangan, pernak pernik, dan lainnya, kenapa tidak dimanfaatkan untuk membuat pernak pernik yang unik? Banyak yang memulai usaha ini dengan memanfaatkan barang yang ada di rumah.

Bisnis Modal Kecil Lainnya

Sebenarnya, banyak bisnis modal kecil lainnya jika diulas satu persatu seperti membuka jasa penerjemahan, menjadi agen properti, menjadi blogger/vlogger, dan lainnya. Kalau menjadi penerjemah, kamu hanya membutuhkan keahlian berbahasa. Jika memilih menjadi agen properti, kamu memerlukan pengetahuan soal jual beli rumah.

Banyak bisnis modal kecil yang bisa dilakukan. Bisnis seperti ini tidak membutuhkan modal besar dan lebih banyak membutuhkan keahlian.

Bagikan: 12918 kali