Guardian Art Center, Tiongkok (Rumah123/Dezeen)

Sebenarnya, pembangunan Guardian Art Center ini dijadwalkan selesai pada 2016 lalu. Namun, baru bisa dituntaskan pada 2017 ini.

Bangunan ini merupakan kantor dari rumah lelang tertua di Tiongkok China Guardian, galeri seni, ruang pamer, ruang konservasi lukisan, restoran, dan juga hotel dengan 120 kamar.

Baca juga: Produsen Kasur Ini Sediakan Ranjang untuk Karyawan yang Ingin Tidur Siang di Kantor!

Letak Guardian Art Center hanya dua blok dari kawasan Kota Terlarang di Beijing. Letaknya juga sangat strategis lantaran berada di persimpangan Jalan Wangfujing dan Wusi yang merupakan kawasan komersial ternama di kota ini.

Desain Guardian Art Center mengambil ide dari kawasan sekitar bangunan dan juga arsitektur kontemporer di Beijing.

Baca juga: Wah, Dubai Miliki Pusat Kebudayaan yang Kekinian Lho!

Kawasan Guardian Art Center diproyeksikan akan dikembangkan. Selama 18 tahun, paling tidak ada 30 proposal yang masuk, namun akhirnya Ole Scheeren yang berhasil memenangkannya.

Scheeren yang mendesain bangunan Guardian Art Center ini. Dia adalah arsitek asal Jerman sekaligus pemilik biro arsitek Buro Ole Scheeren.

Baca juga: Kawasan Mixed Use Ini Terinspirasi dari Lukisan Klasik Lanskap Tiongkok

Biro arsitek ini memiliki kantor di Beijing dan Hong Kong (keduanya Tiongkok) serta London (Inggris).  Scheeren yang juga profesor arsitektur ini memiliki banyak proyek di Asia.

Scheeren mengklaim kalau desain Guardian Art Center menawarkan integrasi nyata dari identitas Tiongkok dan arsitektur kontemporer.

Baca juga: Hmm, Seperti Apa ya Museum Tubuh Manusia? Penasaran Kan?

“Secara eksplisit, desain ini menghormati konteks dan lokasi serta juga menjadi simbol dari lingkungan dari rumah lelang yang berada di persimpangan budaya dan komersial,” ujar Scheeren seperti dikutip oleh Deezen.

Eksterior Guardian Art Center ini terdiri dari panel kaca berukurab besar dan material batu berwarna abu-abu.

Baca juga: Seoul Skygarden Mengubah Jalan Layang Tidak Terpakai Menjadi Taman Kota yang Indah

Fasad ini akan dihiasi dengan ribuan lubang kecil yang akan menciptakan ilustrasi lukisan lanskap karya seniman Huang Gongwang.

“Pusat seni dan budaya ini akan menghubungkan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan. Semua ini akan merayakan sejarah dan tradisi dan juga mewakili fasilitas sosial yang penting bagi ibu kota Tiongkok,” ujar chairman dan founder China Guardian, Chen Dongsheng.

Bagikan:
1415 kali