terowongan silaturahmi istiqlal katedral Sumber: Sindonews

Pada Desember 2020 yang lalu pemerintah mulai membangun Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan antara tempat ibadah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Melansir Kompas, jika sesuai rencana, terowongan ini akan selesai dibangun pada tanggal 20 September 2021.

Dalam kunjungan kerja yang dilakukan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 27 Agustus 2021, beliau menjelaskan bahwa Terowongan Silaturahmi ini memiliki arti yang mendalam bagi kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

“Terowongan ini punya makna yang dalam, bukan hanya sekadar lambang, tapi juga memberikan inspirasi terbangunnya kerukunan antar umat," terangnya.

Selain makna tersebut, Terowongan Silaturahmi juga dapat memudahkan akses jalan para jamaah Masjid Istiqlal serta Gereja Katedral.

Spesifikasi Terowongan Silaturahmi

Terowongan silaturahmi 1 (Detik)

Terowongan yang dibangun oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini memiliki spesifikasi bangunan panjang tunnel mencapai 28,3 meter, tinggi 3 meter dan lebar 4,1 meter. Lalu untuk total luas terowongan area tunnel 136 meter persegi dam total luas shelter dan tunnel mencapai 226 meter persegi.

Sedangkan untuk jarak terdekat pintu masuk terowongan dengan Gereja Katedral yakni 32 meter.

Sementara jarak terdekat terowongan dengan gerbang Masjid Istiqlal adalah 16 meter.

Dibangun dengan biaya Rp37,3 miliar

Terowongan silaturahmi 2 (Kompas)

Untuk menyelesaikan proyek fenomenal tersebut, pemerintah setidaknya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp37,3 miliar.

Desain arsitektur akses masuk terowongan dibangun dengan konsep modern.

Desain eksterior Terowongan Silaturahmi menggunakan material transparan sehingga pemandangan kecantikan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta tidak terhalang dari dalam terowongan.

Simbol jabat tangan

Terowongan silaturahmi 3 (Okezone)

Di salah satu sudut Terowongan Silaturahmi, terdapat sebuah simbol 2 orang beragama Muslim dan Kristiani yang sedang berjabat tangan.

Simbol tersebut semakin memantapkan makna terowongan ini yang memang ingin menonjolkan sisi kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

Menggunakan material marmer

Terowongan silaturahmi_4 (Kompas)

Bagian lantai dan dinding terowongan menggunakan material marmer berwarna krem yang tampil menarik dan elegan.

Penggunaan material marmer juga membuat masyarakat yang menggunakan terowongan ini menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Semoga dengan adanya terowongan ini bisa meningkatkan toleransi antar  umat beragama di Indonesia, ya!

Nah, itulah sedikit potret Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Dan jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
290 kali