jakarta chaos Sumber: NOW! Jakarta

DKI Jakarta dikenal sebagai salah satu ibu kota dengan populasi penduduk paling padat di Indonesia. 

Kota yang memiliki banyak gedung tinggi pencakar langit, mal, perkantoran, hingga rumah-rumah mewah ini kerap menjadi incaran para perantau dari kota lain. 

Meski demikian, Jakarta dinilai masih menyimpan segudang masalah serius yang hingga saat ini tidak pernah selesai. 

Beberapa di antaranya yaitu masalah kemacetan, polusi udara, pencemaran lingkungan hingga maraknya pemukiman kumuh. 

Berbagai permasalahan serius itu membuat DKI Jakarta masuk dalam kota paling bikin stres di dunia tahun 2021. 

Urutan DKI Jakarta dalam Daftar Kota Paling Bikin Stres di Dunia

Masuknya DKI Jakarta dalam kota paling bikin stres di dunia ini diungkap melalui laporan Vaay, produsen minyak esensial dan suplemen CBD berbasis di Berlin, Jerman. 

Laporan tersebut berisi daftar kota-kota paling bikin stres dan kota paling tidak bikin stres di dunia berdasarkan 15 indikator penilaian. 

Mulai dari faktor struktural dan lingkungan termasuk keselamatan, tingkat pengangguran, polusi udara, kepadatan, jaminan sosial kesehatan mental, akses ke perawatan kesehatan dan lainnya. 

Para peneliti memulai studi mereka di 500 kota dunia kemudian mempersempitnya menjadi 100 kota teratas yang memiliki tingkat stres yang sangat tinggi. 

Salah satu pendiri Vaay Finn Age Hänsel mengatakan bahwa studi ini berguna untuk menunjukkan apa yang dapat dicapai kota bagi warganya. 

Baik melalui tata kelola yang efektif, kebijakan lingkungan yang kuat, maupun sistem kesejahteraan sosial yang memiliki sumber daya yang baik. 

"Tujuannya bukan untuk memilih kota-kota yang mungkin tertinggal di salah satu area ini, melainkan menyoroti kota-kota yang menjadi contoh utama dari apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya," lanjut Finn seperti dikutip Kompas.com.

Daftar Kota Paling Bikin Stres di Dunia

Dalam laporan bertajuk "The Least and Most Stressful Cities Index 2021", Kota Mumbai di India berada di peringkat pertama daftar kota paling bikin stres. 

Lalu, di urutan kedua ada Lagos di Nigeria, lalu diikuti Manila di Filipina, dan New Delhi di India. 

Sementara Jakarta berada di urutan kesembilan, posisinya berada dua tingkat di bawah Moskow, Rusia dan satu tingkat di atas Kiev, Ukraina. 

Berikut 10 daftar kota paling stres di dunia tahun 2021: 

1. Mumbai, India  2. Lagos, Nigeria  3. Manila, Filipina  4. New Delhi, India  5. Baghdad, Irak  6. Kabul, Afganistan  7. Moskow, Rusia  8. Karachi, Pakistan  9. Jakarta, Indonesia  10. Kiev, Ukraina 

Daftar Kota Paling Tidak Bikin Stres di Dunia

Selain kota paling bikin stres di dunia, laporan itu juga merilis kota paling tidak bikin stres di dunia. 

Berikut 10 daftar kota paling tidak bikin stres di dunia 2021: 

1. Reykjavik, Islandia  2. Bern, Swiss  3. Helsinki, Finlandia  4. Wellington, Selandia Baru  5. Melbourne, Australia  6. Oslo, Norwegia  7. Kopenhagen, Denmark  8. Innsbruck, Austria  9. Hanover, Jerman  10. Graz, Austria

Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti. 

Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti BPR hanya di www.rumah123.com. 

Bagikan:
417 kali