Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Rumah merupakan kebutuhan primer emang bukan berita baru. Tapi, kalau miskin pada masa pensiun karena gak punya rumah, nah ini bisa jadi topik baru buat anak muda atau para milenial untuk memikirkannya. Untuk lebih jelasnya, mungkin kita bisa menengok hasil studi Pusat Studi Independen (CIS) Australia yang meneliti kesenjangan antara kondisi para pensiunan saat ini dan generasi melenial yang akan pensiun di masa datang.

Direktur Riset CIS, Simon Cowan, seperti dikutip abc.net.au, 7 Agustus 2018, dalam tulisan bertajuk Millennials face poverty in retirement without super overhaul, think tank warns, mengungkapkan bahwa 2 dari 5 pensiunan (usia 65-75 tahun) di Australia tak memerlukan subsidi pemerintah. Setelah diteliti lebih jauh ternyata karena generasi baby boomers atau para pensiunan ini sudah memiliki rumah.

Baca juga: Satu dari Tiga Pensiunan Punya Dua Rumah. Kalau Kamu Nanti Pensiun, Punya Apa?

Sementara generasi milenial Australia saat ini dikhawatirkan akan menghadapi risiko kemiskinan pada masa pensiunnya, yang nantinya harus disubsidi pemerintah, karena kebanyakan dari mereka belum punya rumah. Disebutkan bahwa memiliki rumah merupakan kunci masa pensiun yang mapan.

Hanya sepertiga dari para pensiunan di Australia saat ini yang dalam kondisi mapan. Sementara separuh dari penduduk Australia saat ini sudah pensiun atau akan memasuki usia pensiun.

"Para pensiunan kini telah mengalami peningkatan 61 persen kekayaan mereka antara 2002 dan 2014. Sementara buat mereka yang berusia 25 hingga 34, hanya 3 persen,” kata Cowan. "Perbedaan besar itu (61% : 3%) sangat didorong oleh harga rumah," kata Cowan lagi.

Baca juga: Rumah Ga Pake DP dan Bisa Dicicil Sampe Lewat Usia Pensiun, Baru Ada Nih!

Dari penelitian Grattan Institute menunjukkan bahwa warga Australia berusia antara 25 dan 34 yang berpenghasilan rendah hanya memiliki satu dari lima peluang untuk memiliki rumah. Cowan berpendapat, kaum muda Australia baik yang disubsidi sedikit atau banyak bakal menuju masa pensiun yang relatif suram.

Mereka belum punya rumah saat pensiun nanti, sementara untuk mulai berinvestasi agar kebeli rumah ya sudah terlambat karena usia mereka sudah dekat dengan usia pensiun.

Baca juga: Generasi Milenial Saat Ini, Rentan “Terabaikan” di Masa Pensiun. Kok Bisa?

"Satu hal yang kami lihat dengan jelas yakni orang yang memiliki rumah mereka sendiri memiliki standar hidup yang jauh lebih baik di masa pensiun daripada mereka yang tidak," kata Cowan menegaskan.

Nah, sekarang jelas kan buat kamu, para milenial Indonesia, punya rumah itu bukan sekadar memenuhi kebutuhan primer, tapi juga bekal buat menghadapai masa pensiun yang mapan. Makanya, segera deh beli rumah!

*

Bagikan: 870 kali