rumah hantu- rumah123.com Ilustrasi Rumah Hantu. Belum Lama Ini, Ada Wisata yang Mengunjungi Bangunan yang Dianggap Berhantu Alias Wisata Horor. Kalau Kamu Punya Rumah Tua, Kenapa Tidak menjadikannya Sebagai Rumah Hantu (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saatnya kamu untuk mengikuti wisata yang tidak biasa yaitu mengikuti paket wisata horor dengan mengunjungi kawasan atau bangunan berhantu. Punya nyali?

Kisah horor atau hantu memang menarik perhatian orang di mana saja termasuk di Indonesia. Masih ingat cerita KKN di Desa Penari yang sempat viral beberapa waktu silam?

Bagaimana juga dengan film horor seperti Pengabdi Setan, Pocong, dan lainnya. Jutaan orang rela membayar tiket untuk melihat hal menakutkan. Atau ada acara televisi yang menguji nyali orang untuk berada di tempat angker.

Baca juga: Harga Properti Semakin Mahal, Warga Hong Kong Pilih Beli Hunian Berhantu

Film horor atau kisah hantu tentu hal biasa. Bagaimana dengan paket wisata horor? Nah, ini pastinya tidak biasa, namun ternyata ada.

Laman berita online Tempo.co melansir kalau Jakarta Mystical Tour menawarkan wisata horor di Jakarta. Biang Overlander mengadakan paket wisata yang unik ini.

Wisatawan akan diajak untuk mendatangi lokasi penampakan mahluk astral yang menjadi topik pembicaraan warga kota. Urban legend atau legenda urban pun muncul. Nah, paket wisata ini ingin menyusuri lokasi dengan kisah horor dalam budaya urban di Jakarta.

10 Lokasi yang Masuk Paket Wisata Horor

Menurut pengelola tur, Ananda Satria kalau tujuan paket wisata ini bukan magis, melainkan untuk lebih mengenal kisah horor di lokasinya secara langsung.

Dia menyatakan paket wisata dengan tema horor urban legend ini baru pertama kai diselenggarakan. Beberapa lokasi sudah pernah muncul dalam film, tetapi memang diwarnai sejumlah adegan dramatis.

Peserta wisata akan didampingi oleh pemandu yang merupakan indigo. Peserta hanya perlu membayar Rp350 ribu. Perjalanan dimulai pukul 19.00 hingga 04.00 WIB (Waktu Indonesia Barat).

Baca juga: Hanya Generasi Milenial yang Berani Beli Rumah Berhantu

Orang yang antusias untuk mengikuti tur ini ternyata ada. Pada 18 Oktober 2019, jumlah peserta sudah ada 35 orang. Untuk tur pada 1 November, sudah ada 15 orang. Sedangkan pada 15 November, baru ada lima orang.

Para peserta tur akan mengunjungi sepuluh di Jakarta yaitu Menara Saidah, Terowongan Kasablanka, Taman Langsat, TPU (Taman Pemakaman Umum) Jeruk Purut, Rumah Kentang Prapanca, Rumah Pondok Indah, Jalur Kereta Bintaro, Toko Merah, Museum Prasasti, dan Jembatan Ancol.

Bisnis Rumah Hantu di Amerika Serikat

Bisnis wisata hantu sepertinya baru pertama kali di Indonesia, namun lainnya kalau di Amerika Serikat atau Eropa. Situs The Hustle pernah mengulas bagaimana bisnis hantu-hantuan dan rumah hantu ternyata begitu menggiurkan dan menguntungkan.

Kakak adik David Polanco (29 tahun) dan Nathan Polanco (23) mengembangkan bisnis rumah hantu bernama Fear Overload Scream Park di Bayshore, California, Amerika Serikat.

Sebanyak 10.000 orang rela merogoh kocek mulai dari USD 25 (Rp353 ribu) hingga USD 70 (Rp990 ribu) hanya untuk ketakutan di rumah hantu. Dalam 20 hari, Polanco bersaudara bisa meraup keuntungan hingga USD 200.000 (Rp2,8 miliar). Perhitungan kurs menggunakan nilai tukar sekitar Rp14.000-an.

Baca juga: Agen Properti Dituntut Gara-gara Jual Rumah Berhantu

Laman Hauntworld merilis publikasi perihal industri yang menakut-nakuti orang menyatakan pendapatan yang diraih atraksi rumah hantu mencapai USD 400 juta (Rp5,6 triliun) pada 2015.

Jumlah tersebut didapatkan dari menghitung rata-rata dari 1.200 rumah hantu seluruh dunia, mayoritas berada di Amerika Serikat. Rata-rata pemasukan bisa mencapai USD 330.000 (Rp4,6 miliar).

Kalau kamu memiliki rumah tua, mungkin kamu bisa mengubahnya menjadi atraksi hantu. Siapa tahu wisata hantu atau wisata horor di Indonesia juga menjanjikan keuntungan yang besar.

Sayangnya belum ada yang mengkalkulasikan hal seperti ini di Indonesia. Selain itu, tidak ada data mengenai atraksi rumah hantu, wisata horor, dan sejenisnya.

Baca juga: Gara-gara Hantu, Presiden Brasil Kabur dari Istana!

Bagikan: 1383 kali