Aktor Chow Yun Fat saat mempromosikan film terbarunya "Project Gutenberg" di Beijing, 19 September, 2018. Foto: Rumah123/ VCG/VCG via Getty Images
     

Kaya gak harus foya-foya! Kira-kira gitulah untuk menggambarkan pribadi aktor kesohor asal Hongkong, Chow Yun Fat (63). Kalau kamu gak tau siapa dia, coba googling deh! Meksipun bukan aktor laga, tapi dia sering tampil di film-film yang dibintangi Bruce Li, Jackie Chan, dan Jet Li.

Jelas dia aktor berkelas. Berbagai penghargaan pernah diterimanya. Chow pernah menerima 3 kali penghargaan sebagai Aktor Terbaik Hongkong dan 2 kali sebagai Aktor Terbaik Taiwan. Sekadar menyebut film yang pernah dibintanginya yakni Full Contact (1992), Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), The Children of Huang Shi (2008), Let the Bullets Fly (2010). Kalau mau tau film terbarunya, Project Gutenberg (2018).

Sukses di dunia peran ternyata sejalan dengan tebal isi koceknya. Sampai saat ini Chow dikenal juga sebagai orang kaya-raya. Mengutip Intisari-Online.com yang mengutip dari tw.news.yahoo.com, kekayaan Chow mencapai 5,6 miliar Hongkong atau sebanding Rp10,8 triliun.

Baca juga: Tips Kaya Sekaya ‘Crazy Rich Asians’

Wow! Kalau kamu sekaya dia kira-kira gaya hidupmu sudah seperti apa ya? Yang pasti kalau Chow sih bergaya hidup sederhana. Hal itu dilakukannya selama bertahun-tahun. Bayangkan aja! dia cuma menghabiskan sekitar 800 dolar Hongkong atau sekitar Rp1,5 juta setiap bulannya.

Mau tiru gaya hidup sederhana Chow?

Meski tajir abis, Chow lebih memilih hidup sederhana.

Dikabarkan dia sering melahap makanan jalanan yang murah-meriah. Pernah selama 17 tahun, Chow pake HP milik istrinya. Dia sering pergi ke mana-mana pake angkot dan suka belanja barang bekas. "Saya tak memakai pakaian untuk dilihat orang lain. Selama saya pikir itu nyaman, maka itu cukuplah,” katanya.

Punya uang superbanyak, gak dinikmati sendiri.

Lantas, duinya buat apa? Chow berencana mulia, dia ingin menyumbangkan sebagian besar uangnya itu untuk berbagai kegiatan amal. Untungnya, istrinya mendukung penuh rencana tersebut.

Baca juga: Dari Muda Investasi, Udah Tua Kaya Sekali

Mimpinya jadi orang normal dan bahagia.

Chow berpendapat kekayaannya bukan sepenuhnya miliknya. Dia merasa harus berbagi keberuntungannya dengan orang lain. "Uang itu bukan milik saya. Saya hanya menyimpannya dengan aman untuk saat ini," katanya.

"Hal tersulit dalam hidup bukanlah tentang berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tapi bagaimana menjaga pola pikir tenang dan menjalani sisa hidup Anda dengan cara yang sederhana dan tanpa beban," katanya bijak.

Nah, kalau Chow yang sekaya itu aja cuma punya pengeluaran yang sedikit karena memilih bergaya hidup sederhana, gimana dengan kamu? Apakah pengeluaranmu lebih banyak daripada penghasilanmu? Jangan-jangan itu karena kamu kebanyakan gaya!

Bagikan: 5053 kali