Punya hunian dekat LRT Jakarta memang menyenangkan. Yuk, cari tahu apa saja keuntungan tinggal dekat jalur yang dilintasi transportasi massal.

Mencari hunian memang bukan hal yang mudah, banyak faktor yang mempengaruhi ketika kamu akan mencari rumah atau apartemen untuk tinggal. Terlebih ketika mencari rumah pertama.

Salah satu referensi untuk memilih rumah adalah yang dekat dengan fasilitas transportasi umum. Apalagi jika aktivitas kamu sehari-hari sangat tinggi.

Kota Jakarta dan sekitarnya sedang masih terus melakukan pembangunan dan transportasi umum yang terintegrasi dengan berbagai daerah.

Moda transportasi Light Rail Transit atau LRT, adalah salah satu yang menjadi pusat perhatian masyarakat dalam beberapa tahun belakangan ini.

Memiliki hunian dekat dengan LRT memang menyenangkan, apalagi tempat kerja kamu dilalui LRT. Lalu, kira-kira apa saja sih keuntungan memiliki hunian dekat dengan LRT Jakarta.

Yuk, simak ulasan terkait hunian dekat LRT Jakarta dan rute mana saja yang akan dilewati oleh LRT tersebut.

Sekilas Tentang LRT Jakarta

Kemacetan Jakarta membuat pemerintah mengharuskan untuk membangun LRT. Kereta Api Ringan ini merupakan moda transportasi yang terbilang baru dan menjadi harapan banyak orang.

Fase I LRT Jakarta resmi beroperasi penuh pada tanggal 1 Desember 2019. Pada saat itu layanan LRT pun telah dikenakan tarif, yang sebelumnya uji coba publik sejak 11 Juni 2019.

Hingga sekarang, pembangunan LRT masih terus berlangsung. Sejauh ini, LRT yang sudah beroperasi adalah LRT Koridor Kelapa Gading – Velodrom, dengan jarang tempuh 5,8 km.

Pembangunan LRT yang masih terus berlanjut, nantinya akan menjadi beberapa tahap. Yaitu LRT Fase I, LRT Fase IIA, dan LRT Fase IIB, serta LRT Fase III dan seterusnya.

Rute LRT Jakarta

LRT melayani penumpang dengan jadwal operasional mulai pukul 04.00 – 23.00 WIB. Dengan jumlah rangkaian sekitar 2-4 gerbong setiap pemberangkatan.

Kapasitas penumpang sekitar 600 penumpang dengan target penumpang sekitar 360.000 orang per hari.

Rute LRT Koridor Kelapa Gading – Velodrome

a. Stasiun LRT Pegangsaan Dua (Kelapa Gading)

b. Stasiun LRT Boulevard Utara

c. Stasiun LRT Boulevard Selatan

d. Stasiun LRT Pulomas

e. Stasiun LRT Equestrian

f. Stasiun Velodrome (Rawamangun)

Rute LRT Koridor Cibubur – Cawang

a. Stasiun LRT Cawang Cikoko

b. Stasiun LRT Cawang Ciliwung

c. Stasiun LRT Pancoran

d. Stasiun LRT Kuningan

e. Stasiun LRT Rasuna Said (Soemantri)

f. Stasiun LRT Kuningan Sentral (Setia Budi)

g. Stasiun LRT Dukuh Atas)

Saat ini pembangunan LRT Jakarta masih berlangsung, dan nantinya pun akan terhubung dengan LRT Jabodetabek dan menjangkau wilayah Cikarang hingga Balaraja, Tangerang. Jadi tunggu perkembangannya ya.

Keuntungan Memiliki Properti di Jalur LRT Jakarta dan Jabodetabek

Meskipun belum sepenuhnya selesai, beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki hunian di jalur LRT, di antaranya:

1. Lebih Hemat

Jarak dari hunian ke LRT yang dekat, membuat penghuni baik perumahan atau apartemen tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Jadi, kamu bisa lebih hemat untuk ongkos sehari-hari.

2. Waktu yang Lebih Efektif

Selain dapat menghemat ongkos, menggunakan LRT Jakarta pun dapat menghemat waktu saat akan ke kantor atau pun lokasi lain yang terintegrasi.

Dengan begitu, waktu tempuh menjadi lebih efisien. Dengan segala kemudahan tersebut, otomatis kualitas dan taraf hidup penghuni akan meningkat.

3. Bisa Turunkan Tingkat Stres

Pertama waktu tempuh semakin cepat, serta biaya ongkos sehari-hari pun bisa berkurang dengan menggunakan LRT Jakarta.

Dengan begitu, tingkat stres yang biasanya kamu dapat dari kemacetan Jakarta pun akan berkurang dan kamu menjadi lebih sehat.

4. Investasi yang Baik

Dengan adanya LRT Jakrta dan Jabodetabek nantinya, diprediksi properti akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dalam beberapa tahun ke depan.

Jadi, memiliki hunian di jalur LRT adalah cara yang sagat bagus untuk kamu berinvestasi, baik untuk hunian tinggal atau pun disewakan.

Hingga saat ini, pembangunan LRT Jakarta dan Jabodetabek terus dilakukan. Per Juni 2021 lalu, pembangunan LRT Jabodetabek telah mencapai 84,7 persen dan masih terus berlangsung.

Jadi, nantinya LRT Jakarta dan Jabodetabek diharapkan dapat menunjang kebutuhan investasi baik di Jakarta atau pun Timur Jakarta.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti

Rumah123.com juga pernah membahas sejumlah proyek infrastruktur seperti MRT Jakarta, KRL Commuter Line, dan lainnya.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Villa Tenayan.

Bagikan:
239 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia