Arsitek Brasil, Leandro Garcia Merenovasi Ulang Apartemen Seluas 35 Meter Persegi. Klien Ingin Sering Menjamu Tamu (Foto: Rumah123/Dezeen)

Kalau kamu punya hunian sempit, bisa saja kok untuk menerima tamu, menggelar pesta kecil, bahkan menerima tamu yang menginap. Caranya tentu saja melalui pengaturan ruangan.

Arsitek Brasil, Leandro Garcia merenovasi ulang sebuah apartemen untuk seorang jurnalis. Klien menginginkan adanya ruang untuk menjamu tamu meski luas apartemen memang terbatas.

Apartemen ini berada di kawasan Sao Francisco, Curitiba, Brasil. Luasnya hanya 35 meter persegi dan cuma memiliki satu kamar tidur.

Baca juga: Rumah Seluas 47 Meter Persegi yang Lapang dan Penuh Tempat Penyimpanan

Klien meminta arsitek untuk mendesain ruangan untuk tinggal dan menerima tamu. Fokusnya memang untuk memaksimalkan area publik dibandingkan area privat.

Leandro Garcia membagi apartemen ini menjadi dua bagian. Satu bagian menjadi area menjamu tamu dan bersantai, sementara satu bagian lainnya berisi kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Saat orang memasuki apartemen, dia akan langsung masuk ke area komunal. Area ini terhubung dengan teras melalui pintu kaca.

Baca juga: Rumah Sempit Seluas 57 Meter Persegi Seharga Rp3,3 Miliar, Mau Beli Ga

Pada area ini, arsitek memasang lemari buku berukuran besar dari lantai hingga plafon. Area ini juga memiliki meja makan dan juga tempat tidur. Nah, tempat tidur ini dapat digunakan oleh tamu yang menginap.

Untuk menghemat ruangan, arsitek membuat banyak penyimpanan yang tersebar di beberapa bagian. Lemari ini terbuat dari material kayu.

Sementara untuk membuat apartemen ini terkesan lebih lega, arsitek mengaplikasikan warna-warna terang seperti abu-abu dan putih. Selain itu, arsitek juga memasang jendela berukuran besar.

Baca juga: Rumah Sempit Berukuran 49,5 Meter Persegi yang Dihuni 4 Orang

Arsitek Membagi Hunian Menjadi Dua Bagian. Ada Bagian Komunal yang Bisa untuk Menjamu Tamu Sekaligus Tempat Tidur Tamu (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 644 kali